Text
Komodifikasi tubuh perempuan : studi kasus empat sales promotion girl rokok
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komodifikasi tubuh yang terjadi dalam pekerjaan SPG Rokok, proses komodifikasi tubuh yang dilakukan oleh pemilik modal kepada SPG Rokok, serta bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi tubuh yang dilakukan oleh pemilik modal kepada SPG Rokok.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subyek penelitian ini adalah 4 orang SPG Rokok dan 1 orang dari agensi yang merekrut SPG Rokok dan 1 orang untuk tringulasi data. Penelitian ini juga menggunakan data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi tubuh yang dilakukan oleh pemilik modal kepada SPG berupa bentuk tubuh dan penampilan fisik yang ditonjolkan dalam penjualan suatu barang. Objek citra tubuh perempuan dijadikan komoditi untuk menghasilkan keuntungan bagi kapitalis. Proses perekrutan SPG mengutamakan bentuk fisik tubuh dari SPG. Terdapat stratifikasi grade dalam pemilihan SPG. Perbedaan grade ini dilihat dari bentuk tubuh berupa tinggi badan, berat badan, dan kecantikan wajah dari SPG tersebut. Perbedaan grade yang dilakukan oleh pemilik modal juga mempengaruhi penghasilan yang didapatkan oleh SPG. Semakin tinggi grade seorang SPG maka bayaran yang dia dapatkan semakin tinggi pula. Terdapat tiga grade dalam SPG, yaitu Grade A, Grade B, dan Grade C. Grade A merupakan grade tertinggi dan Grade C merupakan Grade terendah. Pemilik modal menggunakan tubuh SPG rokok sebagai komoditi untuk mendapatkan keuntungan. Dimana pemilik modal menggunakan tubuh perempuan untuk dipekerjakan dan untuk menarik perhatian konsumen. SPG rokok diharuskan selalu berpenampilan cantik dan ramah. Pakaian yang digunakan oleh SPG telah ditentukan oleh pemilik modal. Dalam bekerja SPG juga dituntut mentaati peraturan dari pemilik modal.
This study aims to describe the commodification of the body that occurs in the sales promotion girl or SPG of Cigarettes, the body commodification process conducted by the owners of capital to SPG Cigarettes, and how the forms of body commodification made by the owners of capital to SPG Cigarettes. This research uses a qualitative approach with case study method. The research data obtained through observation, documentation and depth interview with four of cigarettes sales promotion girls and the agency.
The results showed that the commodification of the body made by the owner of capital to SPG in the form of body shape and physical appearance that highlighted in the sale of a good. SPG recruitment process prioritizes the physical form of the body of SPG. There is grade stratification in the selection of SPG. This grade difference is seen from the body shape of height, weight, and facial beauty of the SPG. The difference in grade made by the owner of the capital also affects the income earned by SPG. The higher the grade of a SPG the higher the fee he gets. There are three grades in the SPG, Grade A, Grade B, and Grade C. Grade A is the highest grade and Grade C is the lowest Grade. The capital owner uses the SPG of cigarettes as the commodity for the profit. The owner of the capital uses the female body to be trafficked and to attract the attention of the consumer. SPG cigarettes are required to be displayed in the manner of the consumers. The use of SPG has been determined by the owners of capital. SPG is also demanded from the owner of the capital.
SS00015993 | SK 15993 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain