Text
Hubungan antara hasil belajar mata pelajaran produktif dan kemandirian belajar dengan hasil belajar praktik kerja industri siswa kelas XII TIPTL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara hasil belajar mata pelajaran produktif dengan hasil prakerin siswa kelas XII TIPTL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta tahun ajaran 2017/2018; (2) hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar prakerin siswa kelas XII TIPTL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta tahun ajaran 2017/2018; (3) hubungan antara hasil belajar mata pelajaran produktif dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar prakerin siswa kelas XII TIPTL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Ex-Post Facto, karena dalam penelitian ini tidak dibuat perlakuan terhadap variabel-variabel penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dengan jumlah populasi 65 dari siswa kelas XII TIPTL SMK Dinamika 1 Pembangunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mata pelajaran produktif mempunyai hubungan yang positif dengan hasil belajar prakerin siswa kelas XII TITPL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta yang dibuktikan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,526; (2) kemandirian belajar mempunyai hubungan positif dengan hasil belajar prakerin siswa kelas XII TITPL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta yang dibuktikan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,604; (3) hasil belajar mata pelajaran produktif dan kemandirian belajar secara bersama-sama berhubungan positif dengan hasil belajar prakerin siswa kelas XII TITPL SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta yang dibuktikan dengan koefisien korelasi ryx1x2 sebesar 0,682.
This research aims to investigate: (1) relation among the productive subject learning achievement with industrial job training result of the students XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan Jakarta period 2017/2018; (2) relation among the Independent Learning with the industrial job training result of the students XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan Jakarta period 2017/2018 (3) relation simultaneously among the productive subject learning achievement and Independent Learning with the industrial job training result of the students XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan Jakarta period 2017/2018.
This research involved in Ex-Post Facto research since this research did not do experiment to the research variables.. Since the data used in this research is the numeral, this research used quantitative analysis with the total of the populations is 65 students of XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan. Furthermore, the questionnaire and documentation were used in this research to collect the data. The Instrument validaty through the expert judgements and the result of validation trial used product moment. The Instrument reliability is examined by Alpha Chronbach. Meanwhile, this research used descriptive and paired correlation technique as the data analysis technique.
The result of this research indicate that: (1) productive subject learning achievement has positive relation with the industrial job training result of the students XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan Jakarta Period 2017/2018; proven by the corelation coefficient rx1y in the amount of 0,526; (2) Independent Learning has positive relation with the industrial job training result of the students XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan Jakarta with the corelation coefficient rx2y in the amount of 0,604; (3) Simultaneously the productive subject learning achievement and Independent Learning g has positive correlation with the industrial job training result of the students XII TIPTL class in Senior Vocational School 1 Dinamika Pembangunan Jakarta period 2017/2018 with the corelation coefficient ryx1x2 in the amount of 0,682.
SS00016007 | SK 16007 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain