Text
Studi produk pakaian wanita big size pada industri pakaian jadi (distributor pakaian)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran produk pakaian wanita big size pada industri pakaian jadi khususnya distributor pakaian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara pada pelaku bidang indusri pakaian jadi khususnya distributor pakaian yang memasarkan produk pakaiannya pada pusat-pusat perbelanjaan menengah kebawah. Dikarenakan berdasarkan latar belakang peneliti memperoleh hasil wawancara singkat dengan wanita gemuk dengan ukuran lebih dari XXL dengan kisaran umur 17-40 yang masih kesulitan dalam memperoleh pakaian pada pusat perbelanjaan menengah kebawah. Dalam penelitian ini terdiri dari tiga narasumber yakni pelaku bidang industri pakaian yang bekerja pada distributor pakaian. Dua diantaranya bekerja pada bidang administrasi dan satu diantaranya bekerja pada bidang pembuatan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pakaian wanita big size pada industri pakaian jadi khususnya distributor masih belum tercukupi. Karena ukuran yang disediakan oleh para distributor pun belum cukup besar untuk kategori big size yang mana big size merupakan ukuran yang digunakan untuk orang-orang bertubuh tinggi dan gemuk dan jenis untuk big size yang disediakan masih belum beragam serta jumlah persediaan produk untuk pakaian big size yang disediakan belum banyak. Oleh sebab itu, hasil penelitian ini dapat memperkuat alasan mengapa orang gemuk masih kesulitan dalam memperoleh pakaian pada pusat perbelanjaan menengah ke bawah Kata kunci: Produk, Pakaian, big size, pakaian big size
This study aims to reveal the big size women's clothing products in the apparel industry in particular clothing distributor. The type of this research is descriptive qualitative with case study method. The data analyzed is the result of interviews on the players of the apparel industry, especially clothing distributors who market their clothing products in the middle shopping centers down. Because based on the background of the researcher obtained a brief interview with a fat woman with a size of more than XXL with the age range of 17-40 is still difficult in obtaining clothing in the middle shopping center down. In this study consists of three resource persons namely the clothing industry players who work on clothing distributors. Two of them work in the administration field and one of them works in the field of pattern making. The result of research indicate that big size women clothing product in apparel industry especially distributor still not fulfilled. Because the size provided by the distributors was not big enough for the big size category where the big size is the size used for tall and fat people and the type for big size provided is still not diverse and the amount of product inventory for big size clothing that supplied have not been many. Therefore, the results of this study may reinforce the reasons why obese people still have difficulty in obtaining clothing at lower-middle shopping centers Keywords: Products, Clothes, big size, big size clothing
SS00015904 | SK 15904 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain