Text
Hubungan dukungan orangtua dengan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa SMK
Dalam pengambilan keputusan studi lanjut banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya dukungan keluarga dimana saat pengambilan keputusan orangtua harus mendukung dalam setiap keputusan anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orangtua dengan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa kelas XI SMKN 48 Jakarta. Penelitian dilaksanakan di SMKN 48 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI SMKN 48 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sample sebanyak 162 responden yang sedang mengambil keputusan studi lanjut. Pengujian Hipotesis Menggunakan analisis Spearman Rank, Karena data yang diperoleh tidak berdistribusi secara normal. Hasil perhitungan koefisien Spearman Rank menghasilkan 0,25952. Hasil uji Z pada koefisien sebesar 3,293 > 1,974, hal ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orangtua sebesar 6,74% dengan pengambilan keputusan studi lanjut. Sedangkan sisanya 93,26% dipengaruhi oleh faktor lain.
In decision making advanced studies are many factors that influence one of them family support where when decision-making parents must support in every decision of the child. This research aims to the correlation of parents support on making decision of Vocational high school students to continuing study. This research was conducted in Vocational High School 48 Jakarta. This research using survey method with associative approach. The population is students grade XI. In this research, used proportionate stratified random sampling. As the result, there are 162 students who decided to continue their study. Analyze our hypothesis using Spearman Rank analysis because the data was not distribute normally. The coefficient of Spearman Rank was 0.25952. The coefficient z-test showed that (3.293) > (1.974), which means there is a positive and significant correlation between parents support (6.74%) and decision making to continuing their study, and the rest (93.26%) was influenced by the other factors.
SS00015902 | SK 15902 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain