Text
Pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika di SMKN 5 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika di SMKN 5 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metodePre-Experimental Designdengan desain penelitian “One Group Pretest Posttest”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMKN 5 Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas yaitu kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakanmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa thitung>ttabel (24,805 >2,042), pada taraf signifikansi α = 0,05 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran CTL di hitung menggunakan effect size dengan hasil 2,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika.
Kata Kunci :Model pembelajaran CTL, Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika
This study aims to find out the influences of CTL (Contextual Teaching and Learning)toward Basic Electrical and Electronics Study Result At SMKN 5 Jakarta. This research method uses Pre-Experimental Design with research design "One Group Pretest Posttest". Population in this research is all students of class X Department of Audio Video Engineering (TAV) SMKN 5 Jakarta academic year 2017/2018. Samples taken as many as 1 class of class X TAV 2 as an experimental class that learns using CTL learning model (Contextual Teaching and Learning). The research instrument is a multiple choice test of 30 questions with 5 answer options Based on the result of data analysis using t-test, it is found that thitung> ttable (24,805> 2,042), at significance level α = 0,05 and to know the influence of CTL learning model in count using effect size with result 2,8. It shows that there is influence of learning model of CTL (Contextual Teaching and Learning) to learning result of basic electricity and electronics. Keywords: CTL learning model, Basic Electrical and Electronic Learning
SS00015890 | SK 15890 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain