Text
Ambient sebagai media kampanye keselamatan bagi pengendara sepeda motor di Jakarta Timur
Penciptaan karya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pengendara sepeda motor di Jakarta Timur untuk lebih taat berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan. Latar belakang dilakukannya proses penciptaan karya ini adalah karena tindak pelanggaran lalu lintas kendaraan bermotor khususnya roda dua di Jakarta Timur merupakan yang tertinggi dibandingkan wilayah Jakarta lainnya. Karya ini hadir sebagai salah satu media alternatif yang diciptakan untuk menjadi media kampanye tertib lalu lintas yang dapat dimanfaatkan oleh pihak kepolisian satuan lalu lintas maupun pihak lainnya.
Penciptaan karya seni rupa ini menggunakan metodologi Praktik Berbasis Penelitian. Perancangan konsep karya dilakukan berdasarkan hasil analisis secara teoritik dan empirik. Setelah perupa menganalisis beberapa jenis media dalam seni rupa khususnya Desain Komunikasi Visual, dapat disimpulkan bahwa media ambient dapat dipergunakan sebagai media alternatif dalam menyampaikan pesan dan menjadi salah satu solusi dalam menanggapi permasalahan sesuai tema yang diangkat. Media ambient dipilih karena sifatnya yang memberikan efek kejutan dan mudah diingat. Sebagai upaya menambah wawasan dalam segi praktik dan keilmuan, penulis melakukan proses magang bersama seorang narasumber bernama Bapak Irwan Fakhrudin yang bekerja pada sebuah biro periklanan bernama Trinidad, Bintaro, Jakarta Selatan. Implikasi dari proses magang ini memberikan pengalaman dalam berpikir secara mendasar dan kreatif untuk menciptakan sebuah karya media ambient yang efektif. Visual karya yang ditampilkan mengandung pesan yang bertujuan merubah pemikiran para pengendara sepeda motor agar menjadi lebih waspada, tertib dan mengutamakan keselamatan. Karya media ambient ini dirancang dalam bentuk dwi matra dan tri matra dengan dengan menggunakan beberapa jenis media pendukung. Setelah dilakukannya proses perancangan, selanjutnya adalah tahap produksi dan pengaplikasian karya. Tanggapan masyarakat saat melihat dan berinteraksi dengan karya media ambient yang diciptakan cukup beragam. Media ambient dapat menjadi alternatif media pilihan yang sangat potensial dan efektif dalam menyampaikan kampanye pesan sosial maupun komersial. Kata kunci: keselamatan, pengendara, sepeda motor, media ambient, kampanye
The creation of this work aims to raise awareness of motorcyclists in East Jakarta to be more obedient to traffic and to prioritize safety. The background of the process of creating this work is because the traffic violation of motor vehicles, especially the two-wheeled vehicles in East Jakarta is the highest compared to other areas of Jakarta. This work is present as one of the alternative media that was created to be a media campaign of orderly traffic that can be utilized by the police unit traffic or other parties. The creation of this artwork uses a Research-Based Practice methodology. The design of the concept of work is based on theoretical and empirical analysis. After the artist analyzed several types of media in visual arts especially Visual Communication Design, it can be concluded that ambient media can be used as an alternative media in conveying the message and become one of the solutions in responding to the issues according to the theme raised. The ambient medium is chosen for its surprising and easy-to-remember effects. In an effort to add insight in terms of practice and scholarship, the authors conducted an apprenticeship process with a resource person named Mr. Irwan Fakhrudin who worked at an advertising agency named Trinidad, Bintaro, South Jakarta. The implications of this apprenticeship process provide experience in fundamental and creative thinking to create an effective work of ambient media. Visual works are presented containing a message that aims to change the minds of motorcyclists to be more alert, orderly and safety first. The work of ambient media is designed in the form of dual matra and tri matra by using several types of supporting media. After doing the design process, then is the stage of production and application of the work. The response of the public when viewing and interacting with the work of ambient media created quite diverse. The ambient media can be a very potential and effective alternative media alternative in delivering social and commercial messaging campaigns.
Keywords: safety, rider, motorcycle, ambient media, campaign
SS00016057 | SK 16057 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain