Text
Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik : studi eksperimen siswa kelas X pada SMK Negeri 34 Jakarta
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk pengaruh media pembelajaran Schoology terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik kelas X SMK Negeri 34 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimental. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlukan menggunakan media pembelajaran Schoology dan kelas kontrol yang menggunakan Microsoft power point.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan post-test pada kedua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data normal dan homogen, langkah selanjutnya yaitu uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel, yakni 3.8 > 2,002 dengan signifikansi 5%. Maka Ho ditolak dan Hi diterima yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar post-test kelas eksperimen dengan hasil belajar post-test kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar dasar pengukuran listrik. Telah teruji bahwa terdapat pengaruh menggunakan media pembelajaran Schoology. Terlihat bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen yaitu 79.86 dan pre-test sebesar 69.2. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Schoology meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Schoology, Media Pembelajaran, Hasil Belajar,
This research aims to determine the effect of learning media Schoology on student achievement class X in SMKN 34 Jakarta. The research used is quantitative research with quasy experimental method. This research uses two classes to be investigated, which are experimental class that was given the lerning media Schoology and the another class that was given the Microsoft power point. The data collection process was done by giving the two groups post-test. The sampling technique using simple random sampling. The sample of this research are 60 students. The collected data will processed by hypothesis test using t-test after the data fulfill the standard requirements and was homogen. The research shows that the value of tcount > ttable that is 3.8 > 2.002 with 0.05 significants level. Then Ho is rejected and Hi accepted which means there is a difference between the learning result of post-test experimental class with the controlled class. Based on t-test measurement and improvement of learning outcomes, it can be concluded that there is an effect of learning media Schoology to the students‘s learning outcomes in electric measurement subject.
It has been tested that there is influence using learning media schoology learning media. That there is an increase of post test grade of experimental class students is got average value 79.86 and pre-test is got average value 69.2. It can be concluded that learning media schoology learning media improve student learning outcomes. Keyword : Schoology, learning media, learning outcomes.
SS00015845 | SK 15845 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain