Text
Perilaku konsumtif remaja dalam membeli produk fashion
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apakah yang dominan berperan pada perilaku konsumtif remaja dalam membeli produk fashion. Indikator dalam penelitian ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Dimana pada faktor tersebut memiliki sub-indikator tersendiri faktor budaya meliputi kebudayaan dan sub-budaya, Faktor sosial meliputi kelompok referensi, keluarga dan peran/status. Faktor pribadi meliputi gaya hidup dan kepribadian. Faktor Psikologi meliputi pembelajaran dan keyakinan. Penelitian ini dilakukan di Mall Grand Indonesia Shopping Town-Jakarta Pusat, pada November-Desember 2017. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 100 remaja yang berkunjung ke Mall Grand Indonesia Shopping Town yang diambil secara incidental sampling. Instrumen penelitian berupa angket/kuesioner yang terdiri dari 40 butir soal. Skala pengukuran yang digunakan untuk mengukur instrumen penelitian menggunakan skala likert. Instruemn diuji menggunakan uji validitas dan realibitas. Hasil penelitian, diperoleh bahwa faktor terendah pada faktor psikologi yaitu 66% yang terdiri dari sub indikator pembelajaran dan keyakinan. Sedangkan faktor tertinggi adalah faktor pribadi yaitu sebesar 74% yang terdiri dari sub indikator gaya hidup dan kepribadian. Sehingga faktor pribadi mampu berperan terhadap perilaku konsumtif remaja dalam membeli produk fashion. Kata kunci : Perilaku Konsumen, Remaja, Konsumtif, Produk Fashion
This study aimed to determine whether the dominant role in the teen consumer behavior in buying fashion products. Indicators in this study is the cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors. Where in these factors has its own sub-indicators of cultural factors include the culture and sub-culture, social factors include reference groups, families and the role / status. Personal factors include lifestyle and personality. Psychological factors include learning and confidence. This research was conducted at the Mall Grand Indonesia Shopping Town Central Jakarta, in November-December 2017. The method used is quantitative method with survey techniques. The technique of collecting data using questionnaires. The sample was 100 adolescents who visit the Mall Grand Indonesia Shopping Town taken by incidental sampling. The research instrument is a questionnaire / questionnaire consisting of 40 items. Measurement scale used to measure the research instruments using Likert scale. Instruemn tested using validity and realibitas. The results of the study, found that the lowest factor on the psychological factor is 66% composed of sub-indicators of learning and confidence. While the highest factor is the personal factor in the amount of 74% composed of sub-indicators of lifestyle and personality. So that personal factors can play a role against adolescent consumer behavior in buying fashion products. Keywords: Consumer Behavior, Teenagers, Consumer, Fashion Products
SS00015875 | SK 15875 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain