Text
Pilihan rasional kaum intelektual dalam menyikapi konflik antra dosen dengan rektor : studi kasus dosen-dosen di Universitas Negeri Jakarta
Penulisan skripsi membahas tentang proses terbentuknya pilihan rasional dosen dalam memilih bersikap terkait dengan konflik yang sedang terjadi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan tindakan dari para dosen dan faktor-faktor yang mendorong dosen terkait dengan pilihan rasional yang diambilnya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dan informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi melalui pengamatan langung di tempat penelitian dan wawancara mendalam dengan informan. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang dosen yang mengajar di Universitas Negeri Jakarta. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teori Pilihan Rasional dari James S. Coleman. Teori ini menjelaskan bahwa tindakan seseorang memiliki tujuan yang ingin dicapai dan tindakan tersebut akan memanfaatkan sumber daya yang aktor miliki. Kemudian dalam teori pilihan rasional Coleman memiliki dua unsur utama dalam teorinya, yaitu aktor dan sumber daya. Lokasi penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur. Temuan dari hasil penelitian menunjukkan adanya pilihan yang dibuat oleh dosen sebagai aktor untuk memilih antara diam ataupun bersuara terkait dengan adanya konflik. Dosen yang memilih untuk bersuara, mengambil pilihan tersebut karena ada kegelisahan untuk secepatnya melakukan perubahan. Selain itu sebagai seorang intelektual muncul perasaan dimana sudah tugasnya untuk mengkritisi konflik yang terjadi. Sedangkan untuk dosen yang diam, pilihan tersebut diambil karena adanya rasa takut, terutama takut apabila bersuara maka akan terancam kehilangan pekerjaan mereka sebagai dosen.
This essay writes about lecturer‟s making process of rational choice in their choices about conflict that happens in State University of Jakarta (UNJ). This research have purpose to describe action of the lecturers and factors that push the lecturers in case of the rational choice that they take. This research use the qualitative approach with case study methods. Information and data collecting technic use in this research is observing the object in place and intensive interview with informant. Informant in this research is 5 lecturers that teach there. This research is also use the concept of rational choice from James S. Coleman. Rational choice explain about a person act have interest and that act is also use resources that actors have. Rational choice theory is also has 2 main elements in there, actor and resources. Location of research is in State University Of jakarta, East Jakarta. Results of this research shows that there is a choice that lecturers made as an actor to choose between to remain silent or express their aspiration about conflict that happen. Reason behind Lecturer who choose to express their aspiration, because they want a change immediately. And also, they feel that is their job to criticize conflict that happen there. To the lecturer that remain to silent, they took that choice because of the fear, especially about fear that if they express their protest, they will lose their job as a lecturer.
SS00016099 | SK 16099 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain