Text
Persepsi mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta tentang efektivitas bimbingan dosen pada pelaksanaan PKM
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data persepsi mahasiswa tentang efektifitas bimbingan dosen pada pelaksanaan PKM. penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta sejak bulan November 201sampai Januari 2018.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa sejarah aktif dari angkatan 2011 – 2014 yang sudah mengikuti PKM terdiri dari 194 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 9 mahasiswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang memiliki 32 pertanyaan yang merupakan angket tertutup dan terbuka.
Hasil penelitian menunjukan bawa pembimbingan yang dilakukan oleh Dosen selama Praktik Keterampilan Mengajar sudah efektif. Hal ini bisa dilihat dari aspek pengarahan dan bantuan yang sudah diberikan Dosen Pembimbing dimulai dari pengarahan mengenai RPP dan kelengkapannya sampai membantu mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Pada aspek pengawasan, evaluasi dan monitoring juga sudah efektif, hal ini dikarenakan jumlah kehadiran Dosen Pembimbing yang cukup dan selalu mengadakan evaluasi setiap datang ke sekolah. Meskipun ada mahasiswa yang merasa tidak cukup dalah hal monitoring namun hal itu dapat ditutupi dengan pengarahan dan bantuan yang selalu Dosen Pembimbing berikan selama proses PKM berlangsung.
This research aims to obtain student perception data about the effectiveness of lecturers on the implementation of PKM. the research was conducted in History Education Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University since November 201 until January 2018.
The research approach used is quantitative approach with descriptive method. Population in this research is all of active student in educational history course from generation 2011 - 2014 which have follow PKM consist of 194 students. The sample of this research is 97 students by using Simple Random Sampling. The instrument used is a questionnaire that has 32 questions which is a closed and open questionnaire.
The results showed that guidance conducted by the Lecturer during the Teaching Practice has been effective. This can be seen from the guidance and assistance aspects that have been given by Supervisors starting from the guidance on RPP and completeness to help students to adapt to the school environment. In the aspects of monitoring, evaluation and monitoring has also been effective, this is because the number of attendance Lecturers are enough and always conduct evaluation every coming to school. Although there are students who feel not enough dalah monitoring things but it can be covered with guidance and assistance that always lecturers give during the PKM process takes place.
SS00016095 | SK 16095 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain