Text
Pemanfaatan limbah ban bekas sebagai pengganti sebagian pasir pada pembuatan paving block berdasarkan SNI 0-3-0691-1996
Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan serbuk ban sebagai pengganti sebagian pasir untuk mengetahui mutu yang tercapai sesuai dengan SNI 03-0691-1996 tentang paving block baik secara fisis dan mekanis sehingga mengurangi jumlah limbah ban bekas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan populasi adalah paving block yang menggunakan serbuk ban dan superplasticizer sebagai pengganti sebagian pasir dalam 5 persentase 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% dengan jumlah sampel tiap varian adalah 20 sampel. Pengujianpun dilakukan dengan 6 tahap uji, yaitu pengujian kuat tekan, ketahanan aus, ketahanan terhadap natrium sulfat, penyerapan air dan pengujian fisis sebagai syarat untuk mengetahui mutu yang sesuai dengan SNI 03-0691-1996 tentang paving block. Setelah melalui masa perawatan 28 hari kemudian paving block diuji. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan serbuk ban dan superplasticizer pada paving block memang mengalami penurunan pada nilai rata – rata uji kuat tekan dibanding paving block tanpa serbuk ban. Akan tetapi pada persentase 10% dengan nilai ratarata kuat tekan dan ketahanan ausnya adalah 20,37 Mpa dan 0,179 mm/menit masih termasuk kedalam mutu yang sama dengan paving block persentase serbuk ban 0% yaitu mutu B. Untuk penyerapan airnya pada persentase serbuk ban 10% adalah varian yang nilai ratarata penyerapan airnya termasuk yang paling baik yaitu 1,113% termasuk kedalam mutu A. Maka varian persentase serbuk ban 10% adalah varian serbuk ban yang paling baik untuk bahan alternatif dalam penggantian sebagian pasir. Kata Kunci : Serbuk Ban, Paving Block, Kuat Tekan, Ketahanan Aus, Penyerapan Air
The purpose of this research is to harness the ban as a substitute for some sand to know the quality of the reached in accordance with sni 03-0691-1996 about brick concrete whether fisis and mechanical in order to reduce the number of waste the crumb rubber. This research uses experimental methods, with a population of are the briquettes concrete that uses the tires and superplasticizer as a substitute for some sand in five the percentage 0 %, 5 percent, 10 %, 15 %, and 20 % with the sample of the every variant is 20 sample. Testing done with 6 the step of experiment, that is compressive strength, wear resistance, resistance to sodium sulphate, water absorption and testing fisis as qualified to know the quality of in accordance with the SNI 03-0691-1996 about the brick of concrete paving block. After through the treatment 28 days later paving block tested. The research showed that the use of the tires and superplasticizer in paving block are decreasing in value - average compressive strength test than paving blocks without crumb rubber. But the percentage of 10 % by value – average compressive strength and the wear resistance 20,37 Mpa and 0,179 mm / min still belongs to the same quality as the percentage of crumb rubber paving block 0 % which are quality B. For water absorption in the percentage of crumb rubber 10 % crumb rubber is a variant of the value - average absorption of water, including the most good, namely 1,113 % including into quality A .Then the variance percentage 10 % crumb rubber is a crumb rubber variant is the best for partial replacement of alternative materials in sand on the manufacture of paving blocks. Keywords : Crumb Rubber, Paving Block, Compressive Strength , Wear Resistance, Water Absorption
SS00016029 | SK 16029 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain