Text
Pengaruh persentase kencur pada pembuatan bumbu trancam bubuk terhadap daya terima konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persentase kencur pada pembuatan bumbu trancam bubuk terhadap daya terima konsumen yang meliputi penilaian organoleptik dari segi aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Makanan Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian ini dilakukan sejak Agustus 2016 sampai Februari 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penilaian menggunakan uji hedonik kepada 30 panelis agak terlatih. Hasil uji hedonik menunjukan bahwa nilai rata-rata tertinggi untuk apsek warna adalah pada bumbu trancam bubuk dalam perbedaan persentase kencur sebesar 25% (4) yang berada pada kategori suka. Pada aspek rasa, nilai rata-rata tertinggi pada bumbu trancam bubuk dalam perbedaan persentase kencur sebesar 20% yaitu 3,5 dengan kategori penilaian pada rentangan antara aspek agak suka dan suka. Pada aspek aroma, nilai rata-rata tertinggi pada bumbu trancam bubuk dalam perbedaan persentase kencur sebesar 20% yaitu 3,8 dengan kategori penilaian pada rentangan antara aspek agak suka dan suka. Hasil uji hedonik pada aspek tekstur, nilai rata-rata tertinggi pada bumbu trancam bubuk dalam perbedaan persentase kencur sebesar 20% yaitu 4,07 dengan kategori penilaian pada rentangan antara aspek suka dan sangat suka. Hasil analisis dengan menggunakan uji Friedman membuktikan tidak terdapat Pengaruh Persentase Kencur pada Pembuatan Bumbu Trancam Bubuk Terhadap Daya Terima Konsumen pada aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur.
This research was performed to found out and being analysed toward the influence of kencur percentage amount as Trancam ingridients toward consumer acceptance which include organoleptic testing in colour, taste, aroma and texture. This research is performed at Food Processing Laboratory of Culinary Arts Vocational Education, Universitas Negeri Jakarta. The research timeline was taken from August 2016 to February 2018. Experimental method is being used in this research. A hedonic testing is showed to 30 well-trained panelist. The hedonic testing result showed that highest average of colour aspect in trancam powder in kencur which has kencur 25% percentage showed 4 as a highest score which categorised as likeable. The taste aspect is having the score is 3,5 in 20% difference of kencur percentage difference which is categorised between like or averagely like. The aroma aspect is having the highest score with 3,8 in 20% difference of kencur percentage difference which is categorised between like or averagely like. The texture aspect is having the highest score with 4,07 in 20% difference of kencur percentage difference which is categorised between like or averagely like. The analysis is performed using Friedman testing to show the Impact of Kencur in Trancam Powder toward Consumer acceptance in colour, taste, aroma and texture.
SS00018033 | SK 18033 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain