Text
Pengembangan alat mini meteorologi berbasis Arduino sebagai media pembelajaran gejala pemanasan global SMA/MA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat Mini Meteorologi (MiMo) yang dapat mengambil data suhu, kelembaban, kadar CO/CO2, dan curah hujan suatu daerah tertentu. MiMo digunakan sebagai media pembelajaran siswa dalam materi pokok gejala pemanasan global di SMA/MA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Alat MiMo menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai data logger. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memberikan apresiasi sebesar 89,41% dengan interpretasi “sangat baik” dan ahli pembelajaran memberikan apresiasi sebesar 86,32% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil uji coba produk dilapangan menunjukkan bahwa alat yang telah dikembangkan diterima oleh guru dan siswa dengan “sangat baik” dengan skor rata-rata 87,1% untuk guru dan 85,19% untuk siswa. Dari uji kelayakan dan uji lapangan dapat disimpulkan bahwa alat Mini Meteorologi yang dikembangkan layak dan diterima sebagai media pembelajaran fisika pada materi gejala pemanasan global.
This research aims to develop a tool Mini Meteorology (MiMo) that can take datas of temperature, humidity, levels of CO/CO2, and rainfall a certain area. MIMO is used as a learning media for students in the subject matter of the symptoms of global warming for Senior High School. The methods used in this research is research and development with ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). MiMo uses a microcontroller, Arduino as a data logger. The result of the feasibility test by the material expert gives an appreciation of 89.41% with the interpretation "very good" and the learning expert gives appreciation of 86,32% with the interpretation "very good". The results of field trials showed that the tools developed were accepted by teachers and students with "excellent" with an average score of 87.1% for teachers and 85.19% for students. From the feasibility test and field test can be concluded that Mini Meteorology tool developed feasible and accepted as a medium of physics learning on the material of global warming symptoms.
SS00016130 | SK 16130 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain