Text
Pengembangan video pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan teori kenetik gas
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan teori kinetik gas. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi lima tahapan yaitu; analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), pengimplementasian (implementation) dan evaluasi (evaluation). Proses pembuatan video pembelajaran terdapat tiga proses yaitu proses persiapan, tahap produksi dan pasca produksi. Presentase yang diperoleh dari hasil penelitian uji validasi ahli materi yaitu 95.83% dengan interpretasi sangat baik, ahli media sebesar 83.6% dengan interpretasi sangat baik, ahli pembelajaran sebesar 89.4% dengan interpretasi sangat baik, uji kelayakan guru sebesar 90.5% dengan interpretasi sangat baik dan uji coba peserta didik sebesar 87% dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dikelas.
This research aims to develop and find out the feasibility of video-based learning, Problem Based Learning (PBL) on the subject of the kinetic theory of gases. Research Development, Research and Development (R&D) refers to the ADDIE model of development includes five phases, named; analyze, design, development, implementation and evaluation. The process of making the video there are three step procedure, namely the process of preparation, production and post production stage. Percentage of the research result obtained from test validation expert material namely 95.83% with very good interpretation, media expert of 83.6% with very good interpretation, an expert study of 89.4% with very good interpretation, student test of 90.5% with interpretation and testing learners of 87% with interpretation. Therefore, the video learning developed decent used as media of instruction processed.
SS00016127 | SK 16127 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain