Text
Persepsi publik yang terbentuk oleh new media : studi deskriptif mengenai dampak konten akun instagram ketimbang.ngemis.jakarta dalam membentuk persepsi mahasiswa
Penelitian ini menunjukan bagaimana new media yaitu konten akun Instagram ketimbang.ngemis.jakarta dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa sehingga menghasilkan tindakan atas persepsi yang didapat. Adapun yang hendak dilihat ialah mengenai bagaimana proses new media dalam membentuk persepsi hingga memberikan berbagai macam bentuk tindakan yang dihasilkan atas persepsi yang terbentuk. Untuk itu, argumen dalam penelitian ini menggunakan konsep interaksionisme simbolik dan altruism. Pada bagian awal tulisan ini dijelaskan mengenai konten sebagai ruang produksi persepsi yang berasal dari nilai pada individu terbentuk baik dari agama, keluarga, maupun konten yang diposting di instagram KNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten instagram KNJ dapat membentuk persepsi warganet dikarenakan isi yang ada pada konten tersebut yang terdapat foto sosok lansia dan kutipan cerita kehidupan yang dapat membuat orang lain merasakan simpati dan empati pada dirinya. Setelah simpati dan empati yang dirasakan dan terdapatnya nilai yang dinternalisasikan dari kehidupan pribadi mahasiswa maka terbentuklah reaksi berupa komentar yang dilakukan dan kontribusi seperti donasi hasil studi ini menunjukkan terdapatnya simbol yang sengaja ditunjukkan. Penelitian ini berangkat dari hasil riset kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi.
This study is describe how the new media content Instagram account ketimbang.ngemis.jakarta can affect the perception of students to produce action on the perception gained. This article aims to find out about how the process of new media in forming perception to provide various forms of action generated on the perception formed. To that end, the main argument in this study using the framework of the concept of symbolic interactionism and altruism. In the early, part of this paper described the content as a production space of perception derived from values on individuals formed from religion, family, and content posted on the KNJ instagram. The results showed that KNJ instagram content can form the perception of citizens because the content contained the photos of elderly figures and excerpts of his life stories that can make others feel sympathy and empathy. After the sympathy and empathy perceived also the internalized value of the student's personal life, reaction of comments made and contributions such as donations results indicate the presence of symbols deliberately indicated. This articles departs from the results of a qualitative research using case study. Data were collected through observation, in-depth interviews, literature study and documentation.
SS00016107 | SK 16107 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain