Text
Perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model pembelajaran inkuiri di SMA Negeri 30 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jika terdapat perbedaan, apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 30 Jakarta pada bulan September 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling ganda. Tahap pertama adalah purposive sampling, dalam hal ini dipilih empat kelas yang diajar oleh guru yang sama. Kemudian tahap kedua adalah cluster random sampling, dipilih dua kelas eksperimen secara acak dari empat kelas yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Kelas ekperimen I terdiri dari 36 siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Inkuiri sedangkan kelas ekperimen II yang terdiri dari 36 siswa diberikan perlakuan model pembelajaran CIRC. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan berpikir kreatif matematis pada pokok bahasan persamaan lingkaran sebanyak 4 butir soal uraian yang telah teruji valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh bahwa kedua kelas berpopulasi normal, dan memiliki varians yang sama, sehingga dihitung dengan uji-t yang memiliki varians yang sama. Berdasarkan perhitungan uji-t dengan taraf siginifikansi didapatkan dan maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CIRC di SMA Negeri 30 Jakarta. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran CIRC, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.
This study aims to determine whether there is a difference between the ability of mathematical thinking students who learn to use Inquiry learning model and students who learn to use Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. If there is a difference, is the ability to think creatively mathematically students who learn to use the Inquiry learning model is higher than students learning to use Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. The research was conducted in Senior High School 30 of Jakarta in September 2017. The research method used was quasi experiment. Sampling method using multiple sampling techniques. The first stage is purposive sampling, in this case selected four classes that are taught by the same teacher. Then the second stage is cluster random sampling, selected two random experimental classes of four classes that are normally distributed, homogeneous, and have an average similarity. The experimental class I consisted of 36 students who were given the treatment of Inquiry learning model while the experimental class II consisting of 36 students was given treatment of CIRC learning model. The research instrument used is the final test of the ability of mathematical creative thinking on the subject of equation of the circle as much as 4 items of tested description valid and reliable. Based on the results of the analysis test divided into two classes of normal populated, and have the same variance, so calculated by -test that has the same variance. Based on -test calculation with significance level 0,05 result -count = 2,170 and -table = 1,667 thens rejected. Based on these results can be concluded the average mathematical creative thinking ability of students who learn to use Inquiry learning model higher than the average mathematical creative thinking ability of students who learn to use CIRC learning model in senior high school 30 of Jakarta. Keywords: Inquiry Learning Model, CIRC Learning Model, Mathematical Creative Thinking Ability.
SS00016160 | SK 16160 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain