Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Mood, Understand, Recal, Detect, Elaborate, Review (MURDER) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 3 Tambun Selatan
Terdapat lima kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa, salah satunya kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika yang dapat mendorong dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif teknik Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (MURDER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik MURDER terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 3 Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian pretest post-test control group design. Pengambilan sampel tahap pertama menggunakan purposive sampling untuk memilih kelas yang diajarkan oleh guru yang sama, yaitu kelas VIII-5, VIII-6, VIII-7, VIII-8, VIII-9, VIII-10. Kemudian secara cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang sebelumnya telah dinyatakan berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, yang terdiri dari instrumen pretest dan post-test terdiri dari 5 soal uraian yang telah diuji validitas (isi, konstruk, dan empiris) dan reliabilitas dan dinyatakan valid . Berdasarkan data hasil penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Terdapat tiga hipotesis dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji-t berpasangan dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan untuk pengujian hipotesis yang ketiga menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis yang ketiga, diperoleh
There are five mathematical abilities that must be possessed by students, one of which is the ability of mathematical communication. The ability of mathematical communication can be developed through mathematical learning that can encourage and provide opportunities for students to develop that ability. One of the learning models that can develop the ability of mathematical communication is cooperative learning model of Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (MURDER) technique. This study aims to determine the effect of cooperative learning model MURDER technique on improving students' mathematical communication ability SMP Negeri 3 Tambun Selatan. The research method used is quasi experiment (quasi experiment) with pretest research design post-test control group design. The first sample was taken using purposive sampling to select the classes taught by the same teacher, namely class VIII-5, VIII-6, VIII-7, VIII-8, VIII-9, VIII-10. Cluster random sampling was then chosen by two classes as a research sample, VIII-7 as experimental class and class VII-6 as control class which had previously been declared normal distribution, had homogeneous variance, and had the same equation. The research instrument used is a test instrument of mathematical communication ability, consisting of pretest and posttest instruments consisting of 5 questions that have been tested for validity (content, constructs, and empirical) and reliability and declared valid. Based on the research data, the experimental class and control class are normally distributed and have homogeneous variance. There are three hypotheses in this study. Testing of first and second hypothesis using paired t-test with significance level α = 0,05 and for testing of the third hypothesis using t-test unpaired with significance level α = 0,05. Based on the results of the third hypothesis calculation, obtained thitung= 5.2115, dk = 80, and ttabel= 1.664, so thitung > ttabel, then the hypothesis reject H0. Thus it can be concluded that cooperative learning model MURDER technique has a positive effect on mathematical communication ability of students of SMP Negeri 3 Tambun Selatan. Keywords: Cooperative Learning Model, MURDER Technique, Mathematical Communication Ability
SS00016156 | SK 16156 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain