Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan representasi matematis dan disponsisi matematis siswa SMA : penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Cibitung Bekasi
Salah satu kemampuan matematis berupa kemampuan kognitif dan kemampuan afektif yang wajib dimiliki oleh siswa adalah kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis. Kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa perlu dikembangkan melalui suatu model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk mengevaluasi representasi sendiri dan bersikap positif pada pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa di SMA Negeri 1 Cibitung Bekasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua, yaitu instrumen tes kemampuan representasi matematis dan instrumen nontes (angket) disposisi matematis. Sebelum digunakan kedua instrumen telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Populasi target adalah seluruh siswa SMA 1 Cibitung Bekasi, sementara populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X MIA pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan sampel penelitian dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama dengan purposive sampling memilih satu guru yang mengajar lima kelas X MIA (kelas X MIA 1 sampai 5). Tahap kedua memilih dua dari lima kelas yang diajar oleh guru yang sama (Kelas X MIA 1 dan X MIA 2). Tahap ketiga memilih secara acak 31 siswa dari masing-masing dua kelas terpilih sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih dibagi menjadi kelas eksperimen (diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS) yaitu kelas X MIA 1 dan kelas kontrol (diberi pembelajaran konvensional) yaitu kelas X MIA 2. Berdasarkan hasil pengujian prasyarat analisis data setelah perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik dilakukan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi
One of the mathematical abilities of cognitive abilities and affective abilities that must be owned by students is the ability of mathematical representation and mathematical disposition. The ability of mathematical representation and mathematical disposition of students need to be developed through a learning model that is able to encourage students to evaluate their own representations and be positive on mathematics learning. One of the learning models that can be used is Two Stay Two Stray (TSTS)-cooperative learning model. This research aims to determine whether there is effect of TSTScooperative learning model to the ability of mathematical representation and mathematical disposition of students in SMA Negeri 1 Cibitung Bekasi. The research method was quasi-experiment. The research instruments used were mathematical representation test instrument and mathematical disposition questionnaire instrument. Prior to use, both instruments have passed the validity test and reliability test. Target population is all students of SMA 1 Cibitung Bekasi, while the accessible population is all students of class X MIA in odd semester of academic year 2017/2018. The selection of research sample is done through several stages. The first stage with purposive sampling selected one teacher who teach five class (class X MIA 1 to 5). The second stage selected two of the five classes taught by the same teacher (Class X MIA 1 and X MIA 2). The third stage randomly selected 31 students from each of the two selected classes as research samples. The selected classes were divided into experimental class (treated with TSTS-cooperative learning model) that is class X MIA 1 and control class (given conventional learning) that is class X MIA 2. Based on the prerequisite test results of the data analysis after treatment, the experimental class and control class are stated to be from the normally distributed and homogeneous populations. Therefore, statistical hypothesis testing is performed using t-test with significance level
SS00016155 | SK 16155 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain