Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) siswa kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta melalui penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA). Berdasarkan hasil observasi di kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) dapat menjadi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Terdapat tiga tahap pada pendekatan CRA. Tahap pertama yaitu concrete. Guru dan siswa memegang alat peraga. Guru menjelaskan unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung, siswa mengamati penjelasan guru, dan menunjukkannya pula pada alat peraga yang dipegang. Tahap kedua yaitu representational. Siswa menggunting setiap bagian dari alat peraga dan menjadikannya jaring-jaring. Selanjutnya jaring-jaring bangun ruang tersebut ditempel pada kertas dan siswa menuliskan unsur-unsurnya. Tahap ketiga yaitu abstract. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya untuk menyelesaikan kegiatan yang terdapat pada LKS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan pembelajaran pada setiap siklus dilakukan dengan menerapkan pendekatan CRA. Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata, dua siswa memiliki kemampuan akademik rata-rata, dan dua siswa memiliki kemampuan akademik di bawah rata-rata. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung pada bulan Agustus sampai bulan September 2017 di kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta tahun ajaran 2017-2018. Siswa di kelas IX-C berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CRA dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut berdasarkan pada peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika selama tiga siklus. Rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX-C pada siklus I yaitu 59,31 meningkat pada siklus II menjadi 77,48 dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 87,76. Pada siklus I hanya 19,44% siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat menjadi 77,78% dan pada siklus III meningkat menjadi 88,89%. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan ConcreteRepresentational-Abstract (CRA)
The aim of this study is to increase the ability to understand the mathematic concept of the students of grade IX-C in 152 Jakarta Junior High School through Concrete-Representational-Abstract (CRA) approach. Based on the observation result in grade IX-C of 152 Jakarta Junior High School, it shows that the understanding ability of mathematic concept is low, so they need enhancement. The applying of the Concrete-Representational-Abstract (CRA) approach can be alternative way in studying mathematic in the classroom. There are three steps in applying CRA approach. The first step is concrete, teacher and student hold the visual aid, then the teacher explain the element of the curved-face threedimensional objects and the student give their attention to the teacher’s explanation and point out the visual aid. The second step is representational. Students cut every part of visual aid and make it as a net. Then the net of the three-dimensional objects is stick on the paper and the students write the elements. The last step is abstract. The students discuss with their group to finish the activity in LKS. This research is classroom action research which is done in 3 cycles. Every cycle has 4 steps; there are planning, implementation, observation and reflection. The learning activity in every cycle is done by implementing CRA approach. There are 6 research subjects; 2 students who have high scores, 2 students who have average scores, and 2 students who have low scores. The students are given final test in every cycle to measure their understanding ability toward mathematics concept. This research is done in August until September 2017 in grade IX-C 152 Jakarta Junior High School, academic year 2017/2018. There are 36 students in grade IX-C. The result of the study shows that in learning mathematics using CRA approach can increase the students ability to understand the mathematic concept. It is based on the increasing the score of final test in 3 cycles. The average score of students in IX-C in the first cycle is 59,31, then in the cycle II the score increase becomes 77,48 and rise again in the cycle III with 87.76 score. In the first cycle, only 19.44% students who get score pass the Minimum Criteria of Mastery Learning (KKM), in the cycle II, it rises becomes 77.78% students and in the last cycle, the students get higher become 88.89%. Keywords: Mathematic Concept Understanding, Concrete-RepresentationalAbstract (CRA) Approach
SS00016154 | SK 16154 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain