Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik dengan model pembelajaran learning cycle - 7E pada popok bahasan SPLTV kelas X SMA Negeri 72 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik dengan model pembelajaran Learning Cycle – 7E di kelas X MIA 4 SMA Negeri 72 Jakarta. Kemampuan pemahaman konsep matematika memiliki beberapa indikator yang akan ditingkatkan dalam penelitian ini antara lain menyatakan ulang secara konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, mengaitkan suatu konsep dengan konsep lainnya baik secara internal atau eksternal matematika, dan menggunakan konsep yang sesuai dalam memecahkan masalah sehari-hari. Berdasarkan hasil tes pra penelitian yan diberikan kepada peserta didik di kelas X MIA 4 menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik masih relatif rendah. Di samping itu, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan peserta didik dan guru, terlihat bahwa kemandirian belajar peserta didik di kelas X MIA 4 masih belum terlihat. Oleh karena itu, kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar peserta didik khususnya peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 72 Jakarta sangat perlu untuk ditingkatkan dan ditumbuhkan. Subjek penelitian dalam penelitian iniadalah 6 peserta didik yang dipilih dari 35 peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 72 Jakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, wawancara, format lembar observasi kemampuan pemahaman konsep matematika, lembar tes akhir siklus, angket kemandirian belajar dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, penyebaran angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tes kemampuan pemahaman konsep matematika meningkat dengan penerapan model Learning Cycle – 7E. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan adanya respon positif dari peserta didik terhadap model Learning Cycle – 7E. Jumlah peserta didik yang mampu mencapai indikator keberhasilan pada siklus I sebanyak 42,42% peserta didik, pada siklus II meningkat menjadi 62,5% peserta didik,dan meningkat lagi pada siklus III yaitu sebesar 93,75% peserta didik. Selain itu,berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan dalam belajar menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik tumbuh seiring dilaksanakannya pembelajaran dengan model Learning Cycle – 7E.Hal tersebut didukung dengan hasil angket kemandirian belajar yang diberikan kepada peserta didik. Terdapat 90,625% peserta didik yang mendapatkan nilai>60. Presentase tersebut telah melebihi indikator keberhasilan yang ingin dicapai.
This study aims to improve the ability of concept understanding and self regulated learning with 7E Learning cycle model in class X MIA 4 SMA Negeri 72 Jakarta. Based The ability to comprehend the concept of mathematics has several indicators that will be improved in this study, among others, to reiterate the concepts that have been studied, to classify objects based on mathematical concepts, to relate a concept with other concepts either internally or externally to mathematics, and to use appropriate concepts in solving everyday problems. Based on the result of the pre test of research given to the students in class X MIA 4 shows that the ability of understanding the concept of learners is still relatively low. In addition, based on the results of observations and interviews with students and teachers, it appears that self regulated learning in class X MIA 4 still not seen. Therefore, the ability to understand the concept of mathematics and self regulated learning, especially the students of class X MIA 4 SMA Negeri 72 Jakarta is very necessary to be improved and grown. Research subjects in this study were 6 students selected from 35 students of class X MIA 4 SMA Negeri 72 Jakarta. Instruments in this study were researchers, interviews, format observation sheet ability understanding mathematical concepts, test sheet end of the cycle, questionnaire independence learning and documentation. The study was conducted in three cycles, and each cycle consisted of two meetings. Data collection techniques in this study are observation, test, questionnaire and interview and analyzed descriptively with triangulation of data. The results showed that the score of the ability to comprehend mathematical concepts increased with the application of Learning Cycle-7E model. The number of learners who are able to achieve the success indicator in the first cycle is 42.42% of students, the second cycle increased to 62.5% of students, and increased again in the third cycle of 93.75% of learners. In addition, based on the results of interviews and observations in learning shows that the learning independence of learners grows as the implementation of learning with Learning Cycle-7E model. Supported with a questionnaire of learning independence given to learners. There are 90.625% of learners who score> 60. The percentage has exceeded the indicator of success to be achieved. Keywords: Learning Mathematics, 7E- Learning Cycle Model, Ability to Understand Mathematical Concept, Self Regulated Learning.
SS00016153 | SK 16153 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain