Text
Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VII H SMP Negeri 99 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini berlangsung di bulang Agustus 2018 di SMP Negeri 99 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan untuk menerapkan model pembelajran CIRC. Pada kegitan inti dilaksanakan tahapan model pembelajaran CIRC yaitu salah seorang siswa secara bergiliran membacakan soal secara intensif sementara siswa lainnya (mendengarkan, memahami, menafsirkan, dan saling membuat catatan kecil ide-ide pokok penyelesaian soal), siswa saling merevisi atau mendiskusikan ide-ide pokok, dan siswa mempresentasikan jawaban akhir. Subjek penelitian (SP) terdiri dari 6 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Sebelum melakukan penelitian, dilkakukan tes pra penelitian di kelas 7 H SMP Negeri 99 Jakarta menunujukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah. Hal tersebut juga didukung dengan hasil wawancara dengan guru kelas bahwa diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa mampu berpikir kritis dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dialakukan, kemampuan berpikir kritis matematis siswa mengalami peningkatan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari wawancara yang dilakukan guru dan siswa serta hasil setiap tes akhir siklus. Ratarata nilai tes akhir siklus I adalah 53,73, meningkat pada siklus II menjadi 67,86, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 79,84. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran CIRC. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas 7 H SMP Negeri 99 Jakarta secara keseluruan mengalami peningkatan pada kelompok akademik tinggi, kelompok akademik sedang, dan kelompok akademik rendah.
This study aims to improve students' critical thinking skills in learning mathematics with Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. This research took place in August 2018 at SMP Negeri 99 Jakarta. This research is a classroom action research conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, implementation, analysis, and reflection. Each cycle consists of two meetings to apply the CIRC learning model. In the core activity, the CIRC learning model stage is one of the students in turn to read the issue intensively while the other students (listening, understanding, interpreting and mutually making small notes of basic ideas of problem solving), the students revise or discuss the main ideas , and students present the final answer. Research subjects (SP) consisted of 6 students consisting of 2 highability students, 2 medium-skilled students, and 2 low-ability students. Prior to conducting the research, conducted pre-research tests in grade 7 H SMP Negeri 99 Jakarta menunujukan that students' critical thinking skills in learning mathematics is still low. It is also supported by the results of interviews with classroom teachers that required a model of learning that can make students able to think critically in learning mathematics. Based on the research that has been done, students' critical thinking skills in learning mathematics experience a good improvement. This can be seen from interviews conducted by teachers and students and the results of each final test cycle. The average value of the end test of cycle I was 53.73, increased in cycle II to 67.86, and increased again in cycle III to 79.84. The conclusion of the result of this research is the increasing of students' critical thinking ability in learning mathematics with CIRC learning model. The students' critical thinking skills in mathematics learning in grade 7H of SMP Negeri 99 Jakarta in all cases improved in high academic groups, medium academic groups, and low academic groups.
SS00016151 | SK 16151 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain