Text
Gambaran kecerdasan emosional guru bimbingan konseling : survei di SMP Negeri Kecamatan Duren Sawit
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri kecamatan Duren Sawit. Populasi penelitian ini berjumlah 47 orang dan sampel yang digunakan berjumlah 47 orang, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner kecerdasan emosional yang terdiri dari 50 item pernyataan. Hasil uji validitas terdapat 50 butir item pernyataan yang valid, sedangkan untuk uji reliabilitas didapatkan hasil 0.768 yang artinya reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling (31 responden) memiliki kecerdasan emosional pada kategori tinggi sebesar 65,9% dan pada kategori sedang (16 responden) sebesar 34,1%. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Guru Bimbingan dan Konseling.
This research aims to find out the emotional intelligence of guidance and counseling teachers at States Junior High School Duren Sawit subdistrict. The population of this study amounted to 47 people and the sample used amounted to 47 people, meaning all members of the population sampled. Sampling technique that used in this research is Sensus Sampling Technique. The research method that used in this research is descriptive survey. Data collection uses an emotional intelligence questionnaire consisting of 50 statement items and all of the items are valid, while for the reliability test obtained results 0.768 which means reliable. The results showed that mostly guidance and counseling teachers (31 responden) had emotional intelligence in the high category is 65.9% and in the average category (16 responden) is 34.1%. Keywords: Emotional Intelligence, Guidance and Counseling Teacher.
SS00016174 | SK 16174 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain