Text
Pengembangan Web based learning menggunakan platform Moodle 3.3 di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNJ
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website untuk perkuliahan online yang dapat digunakan untuk memfasilitasi dalam mengadakan perkuliahan online maupun sebagai referensi yang akan ditunjang dengan ribuan plugins yang ada pada platform Moodle 3.3. Penelitian pengembangan ini akan dilakukan menggunakan model ILDF (Integrated Learning Design Framework) yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : Eksplorasi, Penyusunan, dan Evaluasi. Garis besar dari teori-teori yang digunakan adalah teori pengembangan, dan web based learning. Selanjutnya hasil pengembangan akan menghasilkan sebuah website yang akan dikaji oleh ahli media pembelajaran, desain pembelajaran, dan ahli materi. Setelah itu dilakukan revisi untuk meningkatkan kualitas produk. Penerapan kepada pengguna akan dilakukan setelah revisi dilakukan. Dari pengkajian para ahli didapatkan skor rata-rata keseluruhan sebesar 2.95 yang berarti termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan evaluasi one-to-one didapatkan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3.30 yang berarti termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sedangkan evaluasi small group didapatkan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3.27 yang berarti termasuk ke dalam kategori baik.
Kata Kunci: Belajar Berbasis Website, Moodle 3.3, Pembelajaran Elektronik, Pengembangan Website
This study aims to develop websites for online lectures that can be used to facilitate online lectures and as a reference that will be supported by thousands of plugins on the Moodle platform 3.3. The research will be developed using the ILDF (Integrated Learning Design Framework) model, which consists of three stages: Exploration, Development, and Evaluation. Outlines of the theories used are development theory and web based learning. Furthermore, the results of the development will produce a website that will be reviewed by the expert of learning media, instructional design, and material experts. After that revision is done to improve product quality. Deployment to users will be made after the revisions are made. From the expert's assessment, the overall average score of 2.95, which means it is in well category. While the one-to-one evaluation got an overall average score of 3.30 which means it is in very well category. While the small group evaluation obtained overall average score of 3.27 which means it is in well category. Keywords: Website Based Learning, Moodle 3.3, Electronic Learning, Website Development
SS00016173 | SK 16173 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain