Text
Sikap mahasiswa terhadap individu berkebutuhan khusus di Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap individu berkebutuhan khusus di Universitas Negeri Jakarta. Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu kampus yang menyelenggarakan pendidikan inklusif. Sedangkan dilapagan terdapat fakta bahwa masih terdapatnya kasus bullying antara mahasiswa dengan individu berkebutuhan khusus. Dengan itu diperlukannya informasi lebih tentang yang sebenarnya terjadi di lapangan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan cara menentukan sampel dan populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling dengan terdapatnya 100 responden sebagai mahasiswa aktif dari 4 fakultas di Universitas Negeri Jakarta. Kemudian diberikan 25 butir pernyataan, disebar melalui media sosial yang dibuat menggunakan google forms. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi sikap seperti kognitif (pemikiran), afektif (perasaan) dan konatif (tindakan) mahasiswa sudah paham tentang individu berkebutuhan khusus. Hasil ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap individu berkebutuhan khusus sudah baik. Oleh sebab itu, mahasiswa dan kampus Universitas Negeri Jakarta perlu bekerjasama untuk selalu konsisten membangun sikap yang baik terhadap individu berkebutuhan khusus. Sehingga sistem pendidikan inklusif di Universitas Negeri Jakarta dapat menjadi contoh cerminan kampus lain agar dapat mengembangkan sistem pendidikan untuk semua.
This research is to know the attitude of students to the individual with special needs in University State of Jakarta. University State of Jakarta is one of the campus conducting inclusive education. Meanwhile, according to the fact that there are still cases of bullying between students with individuals with special needs. So need more information about the real thing going on. The method used is the survey method by determining the sample and population. Sampling using purposive sampling and random sampling technique with 100 respondents as an active student from 4 faculty at Jakarta State University. Then given a 25 point statement, shared through social media and created using google forms. Data collection was done by using questionnaire data. The results showed that the dimensions of attitudes such as cognitive (thinking), affective (feeling) and konatif (action) of students already understand about individuals with special needs. These results show that the attitude of students to individuals with special needs is good. Therefore, students and campus University State of Jakarta must cooperate to always be consistent to build a good attitude towards individuals with special needs. So the inclusive education system at Jakarta State University can be an example of another campus to be able to develop the education system for all.
SS00016172 | SK 16172 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain