Text
Harga diri dan resiliensi diri pada guru sekolah dasar
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan resiliensi pada guru sekolah dasar negeri. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasional kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Rosenberg Self-Esteem Scale dan Resilience Quotient Test. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang guru Sekolah Dasar Negeri. Metode perhitungan yang digunakan adalah analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisa statistika, diketahui bahwa nilai signifikansi (p) antara variabel harga diri dan resiliensi diri sebesar 0,01 dan nilai r sebesar 0,304. hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara harga diri dan resiliensi diri, dengan arah hubungan yang positif. Hubungan yang positif berarti jika tingkat harga diri seorang guru tinggi, maka tingkat resiliensinya pun tinggi.
This study was conducted to determine the relationship between self-esteem and resilience in public elementary school teachers. This research uses quantitative correlational analysis method. Scale used in this study is the scale of Rosenberg SelfEsteem Scale and Resilience Quotient Test. The sample of this research is 100 teachers of State Elementary School. The calculation method used is correlation analysis. Based on the results of statistical analysis, it is known that the value of significance (p) between self-esteem and self-resilience is 0.01 and r value is 0.304. the results of these calculations indicate a significant correlation between self-esteem and self-resilience, with a positive relationship direction. A positive relationship means that if a teacher's self-esteem is high, then the level of resilience is high.
SS00016170 | SK 16170 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain