Text
Pengembangan permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun
Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5 – 6 tahun. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Baker dan Schultz. Model Baker dan Schultz ini memiliki tujuh tahapan. Penilaian pada pengembangan ini menggunakan skala 1 – 4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan penilaian ahli media dengan nilai 3,1, ratarata keseluruhan penilaian ahli materi dengan nilai 4, sehingga memperoleh hasil rata-rata keseluruhan penilaian para ahli dengan nilai 3,55. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5 – 6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan permainan ular tangga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5 – 6 tahun tetapi disesuaikan dengan materi, fasilitas, kesiapan guru dan anak. Pengembangan permainan ular tangga ini memberikan masukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan sebuah media permainan khususnya permainan ular tangga.
This innovative research work is a development research that aims to develop a snakes and ladders game to improve the early numeracy ability of children aged 5 - 6 years old. This development refers to the Baker and Schultz development model. This Baker and Schultz model has seven stages. Assessment on this development using a scale of 1 - 4. From the results of the experiment obtained an overall average assessment of media experts with a value of 3.1, the overall average assessment of material experts with a value of 4, so that obtains the results of overall average assessment of experts with a value of 3.55. Thus the results showed that by developing a snakes and ladders game can improve the early numeracy ability of children aged 5 - 6 years old. The implication of this study is the development of snakes and ladders game can be used as an alternative to improve the early numeracy ability of children aged 5-6 years old but adapted to the materials, facilities, readiness of the teachers and children. Development of this snakes and ladders game provides suggestions for students study program in Teacher Education Early Childhood Education who want to develop a game media especially snakes and ladders game.
SS00016162 | SK 16162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain