Text
Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK Negeri 6 Bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak pada materi penggunaan sistem toolbars dalam penggambaran denah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 50 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal uraian, teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi. Persamaan regresi yang diperoleh Fhitung = 7,373 > Ftabel = 0,814 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Penggunaan gaya belajar terbimbing memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak pada materi penggunaan sistem toolbars dalam penggambaran denah didapatkan rata-rata nilai sebesar 86,32. Kata kunci : Gaya Belajar, Menggambar dengan perangkat lunak, Prestasi Belajar.
The research purpose to know the connection and how the impact of way of learning for drawing lesson achievement in software material use toolbars system in drawing plan on SMKN 6 Bekasi. The subject of the research are all of students on XI class building drawing engineering on SMKN 6 Bekasi about 60 students. The method is surveying with corelative design perspective the analysis method for testing the hypothesis is regression analysis. The result show that (1) Ther is an impact positive and significant the impact of way of learning for drawing lesson achievement in software on SMKN 6 Bekasi. The regression result Fhit = 7,373 > Ftab = 0,814 on significant 0,05 (5%). Regression coefficient Fhit = 3,530 > Ftab = 1,667 on significant 0,05 (5%), The use of guided learning styles contributes to the learning achievement of drawing subjects with software on the use of toolbars in the depiction of the floor plan obtained an average value of 86.32 Keywords : The way of learning, Study achievement.
SS00015867 | SK 15867 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain