Text
Pembelajaran orientasi dan mobilitas kelas I SD dengan hambatan MDVI di SLB A Pembina Tingkat Nasional : studi deskriptif pada kegiatan makan di kelas I SD MDVI SLB A Pembina Tingkat Nasional
Penelitian studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali data dalam pembelajaran OM pada kegiatan makan bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan yang di sertai hambatan lain. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD MDVI, guru di kelas MDVI, dan kepala sekolah SLB A Pembina Tingkat Nasional dengan total responden sebanyak 4 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis menggunakan refleksi analisis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran OM pada kegiatan makan bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan yang di sertai hambatan lain di SLB A Pembina Tingkat Nasional berpengaruh positif terhadap kemampuan OM peserta didik kelas I SD MDVI. Hasil ini menunjukan bahwa kegiatan makan dapat di jadikan salah satu upaya untuk mengembangkan keterampilan OM peserta didik MDVI. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan yang sesuai bagi setiap peserta didik dalam keterampilan OM. Kata Kunci : Pembelajaran OM, peserta didik dengan hambatan MDVI.
Descriptive study of qualitative aims to collect data in the learning of Orientation and Mobillity on the activities of eating for blind children that accompanied other disability. Respondents in this study were students of first class elementary school in multiple disability class, teachers in multiple disability classroom, and principals in SLB A Pembina Tingkat Nasional Elementary School with total respondents as many as 4 people. This research uses descriptive method with qualitative approach. The data collection was done by using observations were analyzed using reflection analysis, interviews, and documentation. The results showed that the learning Orientation and Mobility on eating activities for students with blind that accompanied other disability in the SLB A Pembina Tingkat Nasional give positive effect on the ability of Orientation and Mobility in Multiple Disability First Class in SLB A Pembina Tingkat Nasional Elementary School. These results indicate that the activities of eating can be made one attempt to develop the skills of Orientation and Mobility for children with multiple disability. Therefore, teachers must to know the capabilities and needs of each students that can design appropriate activities for each student in Orientation and Mobility skills. Keywords: Learning of Orientation and Mobility, blind children that accompanied other disability.
SS00016185 | SK 16185 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain