Text
Penerapan program pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama dalam pembelajaran menari pada siswa tunagrungu di SDLB B Santi Rama
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai penerapan program pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama (PKPBI) dalam pembelajaran menari siswa tunarungu di SDLB B Santi Rama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Spreadley dengan alur analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan bentuk aktifitas penerapan program PKPBI dalam pembelajaran menari, yakni deteksi bunyi, identifikasi bunyi, diskriminasi bunyi serta komprehensi bunyi. Adapun proses penerapan PKPBI dalam pembelajaran menari yaitu memanfaatkan pengembangan komunikasi dan pengembangan persepsi bunyi dan irama yang dimiliki siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk mengembangkan kemampuan pendengaran dalam PKPBI pada siswa tunarungu, dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan menari, dikarenakan dalam menari menggunakan musik, serta dalam materi PKPBI yang diajarkan dan diperoleh siswa mengenai bunyi-bunyian. Kata kunci: Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, Menari, Tunarungu
This research aims to obtain information and in-depth data about the application of development programs of perceptual sound and rhythm communication (PKPBI) in learning students deaf students in SDLB B Santi Rama. This research uses qualitative approach with descriptive method. The data collection is done through interview and observation method. Data analysis used is Spreadley model with domain analysis flow, taxonomic analysis, and theme analysis. The result of the research shows that the activity of PKPBI program implementation in dance learning, ie sound detection, sound identification, sound discrimination and sound comprehension. The process of applying PKPBI in learning dance is utilizing the development of communication and development of perceptions of sound and rhythm of the students.The implications of this study indicate that to develop hearing ability in PKPBI in deaf students, can be done through dancing activities, because the dancing using music, as well as in the material PKPBI taught and obtained students about the sounds. Keywords: Development of Perception Communication Beep and Rhythm, Dancing, Deaf.
SS00016184 | SK 16184 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain