Text
Pengembangan buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV sekolah dasar
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku pengayaan pengetahuan IPA berjudul “Indra Penglihatan Manusia” berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Penelitian menggunakan siswa kelas IV SD sebagai responden. Teknik pengembangan yang digunakan adalah teknik pengembangan model Rowntree. Pengembangan dilakukan melalui tiga tahapan (1) Perencanaan, (2) Persiapan Penulisan, dan (3) Penulisan dan Penyuntingan. Teknik evaluasi yang digunakan adalah expert review dengan tiga ahli, uji coba faceto-face tryouts dan uji coba field trials. Hasil penelitian buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan dinilai sangat baik dengan presentase 95.11% pada uji coba field trials. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual merupakan produk yang valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi siswa maupun guru pada pembelajaran IPA materi indra penglihatan manusia. Kata kunci: Buku Pengayaan IPA, PendekatanKontekstual
This development research aims to develop the product in the form of science knowledge as titled "human vision" based on contextual approach for fourth grade students of elementary school. The method used in this research are research and development (R&D). This study is helped by fourth grade students of Primary School as respondents. This development technique is using technique of development of Rowntree model and is done through three stages (1) planning, (2) preparation of writing, (3) writing and editing. The evaluation techniques is using expert review with three experts, face-toface tryouts and field trials. The result of Science enrichment book research based on contextual approach for grade 4 students of elementary school has been developed considering very well with 95.11% percentage in field trials and also this development research showed that science enrichment book based on contextual approach was a valid product and could be used as a source of learning for students and teachers on learning science senses of human vision. Keywords: Science Enrichment Book, Contextual Approach
SS00016176 | SK 16176 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain