Text
Penggunaan modul kontekstual pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII : penelitian tindakan kelas di kelas VII-S SMPN 18 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kontekstual pembelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodelogi penelitian tindakan kelas (Classroom Action Class) berjenis penelitian tindakan kerjasama (Collaboration Action Research). Teknik pengumpulan data dengan test dan non test. Sumber data penelitian ini adalah lembar penelitian, lembar observasi, lembar wawancara, dan test hasil belajar. Hasil siklus I persentase hasil belajar sebesar 57% dengan rata-rata 76, sedangkan siklus ke II hasil belajar melampaui target sebesar 85,71% dengan rata-rata nilai siswa sebesar 81,8. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan modul kontekstual pembelelajaran IPS merupakan salah satu solusi terhadap permasalahan citra pembelajaran IPS yang membosankan menjemukan. Tujuan implementasi modul kontekstual ini adalah agar siswa di berikan bahan ajar mandiri yang menarik, bervariasi dan bermakna sehingga siswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Modul, Kontekstual, Hasil belajar.
This study aims to determine the effect of the use of contextual module of IPS learning in improving student learning outcomes of class VII. The research methodology used in this research is classroom action class research methodology (Collaboration Action Research). Technique of collecting data with test and non test. The data sources of this research are research sheets, observation sheets, interview sheets, and test of learning result. Result of cycle I the percentage of learning outcomes by 57% with an average of 76, while the second cycle of learning outcomes exceeded the target of 85.71% with an average student score of 81.8. The results of this study concluded that the use of contextual module IPS learning is one solution to the problem of learning IPS images are boring boring. The purpose of this contextual module implementation is that students are given independent teaching materials that are interesting, varied and meaningful so that students are more motivated in following the process of learning in the classroom. Keywords: IPS Learning, Module, Contextual, Learning Outcomes
SS00016202 | SK 16202 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain