Text
Metode pembinaan akhlakul karimah di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Jakarta Timur
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemunduran akhlak generasi muda saat ini. Disinilah pentingnya pembinaan akhlakul karimah yaitu peran orang tua dalam membina akhlak anaknya. Akan tetapi tidak semua anak memiliki orang tua. Untuk itu tanggungjawab tersebut kemudian dilimpahkan kepada yang mewakilinya. Maka munculah Yayasan Yatim Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembinaan akhlakul karimah anak yatim di sanggar genius Yayasan Yatim Mandiri cabang Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Ahmad Tafsir dalam bukunya yang berjudul Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanggar genius Yayasan Yatim Mandiri cabang Jakarta Timur sebagian besar pembinaan akhlakul karimahnya menerapkan metode Keteladanan (Uswah), Pembiasaan (Ta’wid), Nasihat (Mau’izah), Cerita (Qishshah), dan Ganjaran (Shawab).
This research is motivated by the decline of morality of the young generation today. This is where the importance of moral ethics coaching is the role of parents in fostering morals of his son. But not all children have parents. For that responsibility then delegated to the representative. So Yatim Mandiri Foundation was established. The purpose of this research is to know the method of coaching moral ethics orphan in sanggar genius of Yatim Mandiri Foundation of East Jakarta branch. This research using the method of descriptive qualitative approach. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. This research uses the theory proposed by Ahmad Tafsir in his book entitled Education in Islamic Perspective. The result of the research shows that the sanggar genius of Yatim Mandiri Foundation of East Jakarta branch mostly develops his moral ethics method of exemplary (Uswah), Habituation (Ta'wid), Advice (Mau'izah), Story (Qishshah), Reward and Punishment (Shawab).
SS00016226 | SK 16226 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain