Text
Analisis pilihan rasional sarjana lulusan pendidikan sosiologi antara latar belakang pendidikan dengan pekerjaan : studi kasus alumni pendidikan sosiologi lulusan tahun 2015-2017 Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini mengkaji tentang pilihan rasional sarjana lulusan pendidikan sosiologi angkatan 2010-2014 dalam pemilihan pekerjaan di dalam dunia pekerjaan yang memiliki dua tujuan penelitian. Pertama,untuk mengetahui persepsi para lulusan Prodi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta angkatan tahun 2010-2012 mengenai dunia kerja. Kedua, untuk mengetahui latar belakang pilihan rasional lulusan Prodi pendidikan sosiologi tahun angkatan 2010-2012 pada pekerjaan yang mereka jalani.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 2017. Dalam penelitian ini subjek penelitian terdiri dari 9 orang. Pada tiap angkatannya subyek penelitian dibagi menjadi 3 orang per angkatan. Setiap angkatan memiliki 2 orang yang bekerja di bidang non-Guru dan 1 orang bekerja menjadi Guru
Temuan penelitian menunjukkan bahwa setiap motif yang melatar belakangi para lulusan Alumni Pendidikan Sosiologi tahun angkatan 2010-2012 dalam memilih pekerjaan berbeda-beda. Motif para lulusan Pendidikan Sosiologi mengalami Pilihan Rasional didasarkan 3 kategori yakni Kategori berdasarkan Aksiomatik terdiri dari 3 subyek penelitian yang berorientasi berdasarkan nilai yang dipercayai. Kategori kedua berdasarkan Utilitas terdiri dari 4 subyek penelitian yang berorientasi berdasarkan Materi, sedangkan Kategori ketiga terdiri dari 2 subyek penelitian yang berorientasi berdasarkan Situasional yang berorientasi berdasarkan situasi dan kondisi aktor dalam melakukan suatu pilihan rasional. Kategori dalam teori pilihan rasional ini dikemukakan oleh sosiolog Raymond Boudon. Faktor yang mempengaruhi antara lain dikarenakan ekspektasi dunia pekerjaan yang tidak sesuai dengan realitanya sehingga menyebabkan beberapa lulusan Sarjana Pendidikan dari Prodi Pendidikan Sosiologi dihadapkan pada pilihan rasional untuk bekerja selain di bidang keguruan. Namun, tidak serta merta ilmu yang didapatkan alumni selama perkuliahan tidak dapat diimplementasikan di dalam dunia kerja, hampir seluruh informan menunjukkan bahwa apa yang telah didapat di perkuliahan masih ada yang bisa diterapkan dalam dunia pekerjaan, seperti keterampilan menulis, kemampuan berkomunikasi dengan baik serta ilmu pendidikan maupun ilmu sosiologi.
This study examines the rational choice of undergraduate graduates of sociology education 2010-2014 class of State University of Jakarta in the selection of work that has two research objectives. First, to find out why some of the graduates of the Sociology Education Study Program 2015 - 2017 Jakarta State University is not interested in becoming a teacher in the selection of work. Secondly, to know the background of rational choice of graduates of sociology education program year 2010-2012 in the work they live.
This research methodology uses qualitative approach, with technique and data collection through observation, interview, documentation and literature study. This research was conducted in OctoberNovember 2017. In this study the subject of research consists of 9 people. In each class of research subjects is divided into 3 people per force. Each generation has 2 people who work in non-Teacher field and 1 person works as a Teacher
The research findings show that every motive that backgrounds the graduates of Sociology Education Alumni 2010-2012 in choosing different jobs. The motives of the graduates of Sociology Education experience Rational Choice is based on 3 categories ie Category based on Axiomatic consists of 3 research subjects that are oriented based on trusted value. The second category based on Utilities consists of 4 subject-oriented research subjects, while the third category consists of 2 oriented research subjects based on situations and conditions of the actor in making a rational choice. The category in the theory of rational choice is proposed by sociologist Raymond Boudon. Factors that affect, among others, due to expectations of the world of work that is not in accordance with reality, causing some graduates of Bachelor of Education from Prodi Education Sociology faced with the rational choice to work other than in the field of teacher training. However, not necessarily the knowledge gained by alumni during lectures can not be implemented in the workplace, almost all informants show that what has been obtained in lectures still exist that can be applied in the world of work, such as writing skills, ability to communicate well and education as well as sociology.
SS00016213 | SK 16213 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain