Text
Pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IX di SLB BC Cempaka Putih, Jakarta Pusat : sebuah penelitian studi deskriptif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IX C di SLB BC Cempaka Putih, selain itu untuk mengetahui hambatan, upaya mengatasi dan faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter pada peserta didik kelas IX C dilakukan dengan mengembangakan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran silabus, RPP dan dikembangkan melalui program penanaman nilai karakter melalui kegiatan seperti ekstrakulikuler dan kegiatan lain yang berkaitan. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan diri, ekstrakulikuler dan budaya sekolah. Adapun nilai-nilai karakter yang sering ditanamkan adalah kedisiplinan, tanggung jawab, kebersihan, kerjasama, kemandirian, kesopanan, kejujuran, kepemimpinan, dan ketaatan. Dalam melakukan evaluasi guru menggunakan pengamatan melalui lembar penilaian sikap. Salah satu faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya kerja sama orang tua dengan guru kelas yang baik dan pengetahuan serta pemahaman masyarakat yang baik tentang kondisi peserta didik berkebutuhan khusus, maka akan sangat membantu dalam penerapan pendidikan karakter kepada peserta didik berkebutuhan khusus. Saran terhadap hasil penelitian ini adalah diharapkan adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dalam menerapkan pendidikan karakter pada peserta didik. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Peserta Didik Tunagrahita.
This qualitative descriptive research that aimed to find out the description of the implementation about of character education for student intellectual disability in class IX C in SLB BC Cempaka Putih. in addition to knowing obstacles, efforts to overcome and the supporting factors of character education implementation. Data collection techniques using interviews, observation, and document review. . The results showed that the character education planning in the students of class IX C was done by developing the character value in the syllabus learning tool, RPP and developed through the program of character value through activities such as extracurricular activities and other related activities. Implementation of character education is done through learning activities, self-development, extracurricular and school culture. The values of character that is often instilled is discipline, responsibility, cleanliness, cooperation, independence, decency, honesty, leadership, and obedience. In evaluating teachers using observations through attitude assessment sheets. One of the inhibiting, overcoming and supporting factors of character education implementation is the parent's cooperation with good classroom teachers and community knowledge around the students with special needs to understand about how the condition of learners with special needs, will be very helpful in the application of education character to learners with special needs. Suggestion to result of this research is expected existence of good cooperation between teacher and parents in applying character education to learners. Keyword : Character Education, Mental Reterdation Student.
SS00016236 | SK 16236 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain