Text
Pengembangan modul matematika berbasis keterampilan proses pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV sekolah dasar
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul Matematika berbasis keterampilan proses pada materi keliling dan luas bangun data yang layak digunakan oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Rawamangun 12 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur pada bulan Januari 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Terdapat 9 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan awal produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Responden dalam pengembangan ini di antaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, guru kelas IV SD sebanyak 2 orang, dan siswa kelas IV SDN Rawamangun 12 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur berjumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Matematika berbasis keterampilan proses pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut para ahli sebesar 98 % dan kuesioner siswa sebesar 89,8 % Modul ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif yang digunakan siswa untuk mempelajari materi keliling dan luas bangun datar.
The aim of this research and development is to develop the Mathematics module based on process skill approach in perimeter and area materials which is possible to be used for 4th grade elementary school. This research was conducted in 4th grade SDN Rawamangun 12 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur in January 2018. This research uses Research and Development (R&D) method by Borg and Gall. There are ten steps in this research, including: research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, and dissemination and implementation. The technique of collecting data used in this research are questionnaire, interview, and observation technique. The respondents of this research are an expert material lecturer, an expert linguistics lecturer, an expert media, two teachers of 4th grade, and forty-five students in SDN Rawamangun 12 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur. The results show that Mathematics module based on process skill approach in perimeter and area materials for fourth grade elementary school is considered very good, it showed from the average value of 98% according to experts and 89,9 % by students' questionnaires. The criteria of this module is very good, so it can be an alternative source learning for students to learn perimeter and area materials.
SS00016234 | SK 16234 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain