Text
Peningkatan motivasi belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS melalui metode inkuiri di SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menerapkan metode inkuiri dalam kegiatan pembelajaran muatan IPS sebagai suatu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran IPS. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengadakan penelitian di Sekolah Dasar Negeri Rawamangun 01 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2017 dengan subjek penelitian berjumlah 33 orang siswa yang duduk di kelas V. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: motivasi belajar siswa terhadap pelajaran IPS mengalami peningkatan dari pra tindakan atau pengukuran kemampuan awal siswa dengan skor rata-rata 59,63%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata yang diperoleh adalah 71,18%, dan pada siklus II skor rata-rata motivasi belajar IPS siswa mencapai 81,06%. Ketercapaian metode Inkuiri dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitudari hasil instrumen pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I dengan skor pencapaian sebesar 78,1% pada tindakan guru dan 69,1% pada tindakan siswa, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu skor pencapaian pada tindakan guru sebesar 86,33% dan 84% pada tindakan siswa. Berdasarkan data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
This research is a Classroom Action Research which aims to apply inquiry method in IPS teaching activity as an effort to improve student motivation in learning IPS. To achieve these objectives the authors conducted a study at Rawamangun Elementary School 01 East Jakarta. The study was conducted from October to December 2017 with the subject of 33 students sitting in grade V. The study was conducted with two cycles, each cycle through four stages: planning, action, observation, and reflection. The result of the research is as follows: Student's learning motivation has increased from pre-action or the measurement of students' initial ability with an average score of 59.63%, in the first cycle has increased with the average score obtained is 71.18% and in the second cycle the average score of students' learning motivation reaches 84.84%. The achievement of the Inquiry method in the learning process also increased the result of the monitoring instrument of teacher and student action in cycle I with achievement score of 78,1% in teacher action and 69,1% in student action, experiencing improvement in cycle II that is achievement score in action teachers by 86.33% and 84% in student actions. Based on the above data can be concluded that the use of inquiry methods in IPS learning can improve students' learning motivation.
SS00016233 | SK 16233 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain