Text
Gambaran self acceptance siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Depok
Penelitian survei ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Gambaran self acceptance siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi di SMA Negeri 11 Depok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang berjumlah 85 orang. Sampel menggunakan teknik sensus. Metode penelitian yang digunakan adalah survei yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket yang terdiri dari 32 butir pernyataan berdasarkan indikator self acceptance yang dikemukakan Berger (1952). Hasil uji validitas dikonsultasikan dengan r table sebesar 0.304 sedangkan untuk uji reliabilitas didapatkan hasil 0.897 yang artinya reabilitas berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki self acceptance pada kategori sedang. Diharapkan pihak sekolah dapat memberikan dukungan berupa pendampingan dan pemberian fasilitas ruangan khusus untuk konseling. Pada guru BK diharapkan dapat memberikan layanan berupa konseling sebaya maupun individu untuk mempertahankan self acceptance siswa yang sudah baik dan meningkatkan self acceptance siswa yang masih kurang.
This survey research aims to obtain information about the self acceptance of students from economically disadvantaged families in SMA Negeri 11 Depok. The population of this study is the entire class X,XI and XII from economically disadvantaged families in SMA Negeri 11 Depok and the sample in this study amounted to 85 people. Sampling using census sampling technique. The research method used is descriptive survey. Data collection using questionnaire consisting of 32 items statement based self acceptance indicator put forward by Berger (1952) . Validity test results consulted with r table of 0.304, while for reliability test obtained results 0.897 which means reliability is in the high category. The results show that most of the learners have self acceptance in the moderate category. The principal is expected to provide support and provide room facilities specifically for counseling. The counselor is expected to provide its services counseling peers as well as individuals to maintain the student's self acceptance that is already good and the improves students who had less self acceptance.
SS00016262 | SK 16262 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain