Text
Penelusuran kompetensi pedagogik guru pendidikan anak usia dini di KB-TK Pembangunan Jaya I Bintaro
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelusuran kompetensi pedagogik guru PAUD di KB-TK Pembangunan Jaya I Bintaro. Adapun secara khusus penelitian ini untuk menelusuri kompetensi pedagogik guru PAUD pada indikator metode, strategi, pendekatan dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik otentik, bermakna, yang terkait dengan berbagai lingkup pengembangan di PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, observasi kelas, observasi dokumen, wawancara guru dan wawancara kepala sekolah. Responden pada penelitian ini adalah 15 orang guru dan kepala sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua guru masuk dalam kategori “sangat baik” pada indikator strategi. Sementara itu, pada indikator metode, pendekatan dan teknik semua guru masuk dalam kategori “baik”. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, PAUD, Survey. THE RESEARCH OF PEDAGOGIC COMPETENCE OF EARLYSCHOOL TEACHERS AT KB-TK PEMBANGUNAN JAYA I BINTARO
This research aimed to know about pedagogic competence of early-childhood teacher at KB-TK Pembangunan Jaya I Bintaro. Particullary, this research aimed to know pedagogic competence of early-childhood teacher for indicator: method, strategy, approach, and technique of playing and learning which is authentic holistic, meaningfull, that related with development scopes for earlychildhood. The kind of this research is descriptive research using survey approach. Data were gathered using some techniques, such as survey instrument, class observation, document observation, interview with the teacher and head master. The amount of respondents were about 15 teachers and 1 head master. The result of this research revealed that all teacher classified as “very good” at strategy indicator. Meanwhile, for other indicator such as method, approach, and technique, all teacher classfied as “good”. Key Words: Pedagogic Competence, Early-Childhood, Survey, Teacher Competence, Instruksional Method.
SS00016263 | SK 16263 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain