Text
Pengaruh model simulasi dalam bimbingan kelompok terhadap disiplin diri peserta didik kelas XI : studi eksperimen di SMK Negeri 26 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model simulasi dalam bimbingan kelompok terhadap disiplin diri di kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 20 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling sesuai tujuan yang akan dicapai peneliti, yang terdiri dari 10 orang pada kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen, Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen disiplin diri. Analisis yang digunakan adalah analisis Mann Whitney U test, yang bertujuan menguji pengaruh hasil kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis yang didapatkan H0 ditolak dan H1 diterima, dengan nilai sig=0.000, hal ini menunjukan probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansi α=0.05. Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor disiplin diri peserta didik yang mendapatkan bimbingan kelompok dengan menggunakan model simulasi lebih besar dibandingkan rata-rata peningkatan disiplin diri peserta didik yang tidak mendapatkan bimbingan kelompok dengan menggunakan model simulasi. Kata Kunci: Model Simulasi, Bimbingan Kelompok, Disiplin Diri.
This study aims to determine the effect of simulation model in group guidance to self-discipline in class XI SMKN 26 Jakarta. The sample of this research were 20 respondents selected using purposive sampling according to the objectives to be reached by the researcher, consisting of 10 people in the experimental group and 10 people in the control group. The study used was quasiexperimental method, Nonequivalent Control Group Design. Data collection using self-discipline instruments. The analysis used was Mann Whitney U test, which aims to test the effect of experimental group and control group. The results of analysis obtained H0 rejected and H1 accepted, with sig value = 0.000, this shows the probability was smaller than the significance value α = 0.05. The results showed the average self-discipline score of learners who get group guidance by using a simulation model is greater than the average increase in self-discipline learners who do not get group guidance by using a simulation model. Keywords: Simulation Model, Group Guidance, Self-Discipline.
SS00016246 | SK 16246 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain