Text
Pengembangan buku pedoman pelaksanaan evaluasi media pembelajaran untuk mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan suatu sumber belajar berupa buku pedoman. Buku pedoman ini diharapkan dapat memfasilitasi para pengembang media pembelajaran, khususnya mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam melaksanakan evaluasi media pembelajaran. Selain itu, buku pedoman ini dikembangkan untuk memudahkan para pengembang media pembelajaran untuk menggunakan seperangkat instrumen evaluasi media yang valid dan baku. Adapun perangkat kisi-kisi dan instrumen yang disajikan yaitu untuk media video pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer dan media pembelajaran berbasis jaringan. Pengembangan buku pedoman dilaksanakan dengan menerapkan model pengembangan produk Rowntree. Model ini terdiri dari tiga tahapan pengembangan yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap persiapan penulisan dan (3) tahap penulisan dan penyuntingan. Pendekatan evaluasi formatif digunakan dalam penelitian pengembangan ini untuk menguji coba produk yang dikembangkan yang terdiri dari exeprt review, one-to-one dan small group. Pengembangan ini menghasilkan sebuah media cetak berupa buku pedoman pelaksanaan evaluasi media pembelajaran. Dari hasil uji coba didapatkan bahwa buku pedoman ini memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam melaksanakan evaluasi media pembelajaran.
This research was conducted in order to create a guidebook as a learning resource. This guidebook is expected to facilitate the instructional media developers, especially the Educational Technology students while they are conducting instructional media evaluation. In addition, this handbook was developed to facilitate them to use a valid and standard set of media evaluation instruments. The instruments that was presented on the book including instruments for evaluating instructional video, computer-based media and network-based media. The development of this guidebook was conducted by applying Rowntree product-oriented model. This model consist of three stages: (1) Planning, (2) Writing Preparation and (3) Writing and Editing. Formative evaluation approach was used in this development to evaluate the product according to the following steps, expert review, one-to-one and small group evaluation. The development results is a printed media named Guidebook of Instructional Media Evaluation. The results of the evaluation concluded that The guidebook has a good quality and can be used as a learning resource to facilitate the students of Educational Technology while conducting evaluation of instructional media
SS00016247 | SK 16247 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain