Text
Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Putra 1 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi tentang bagaimana kegiatan supervisi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Putra 1 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan sejak September 2017 hingga Januari 2018 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan melalui tahapan klasifikasi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru berjalan dengan cukup baik (dimana kepala sekolah menjalankan perannya sebagai seorang supervisor sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku) dalam rangka peningkatan kompetensi profesional guru yaitu, kompetensi dalam 1) penguasaan landasan kependidikan, 2) penguasaan bahan pengajaran, 3) penyusunan program pengajaran, 4) pelaksanaan program pengajaran, dan 5) penilaian hasil dan proses kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan yang mana ditemukan adanya dampak baik terhadap para guru dalam peningkatan kompetensi profesionalnya. Meskipun ditemukan berbagai kendala selama kegiatan supervisi (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan
tindak lanjut) kepala sekolah selaku supervisor berhasil menanganinya karena adanya kerja sama yang baik dengan para guru sehingga supervisi dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang sesuai atau bahkan lebih baik dari yang diharapkan.
This study aims to provide an overview and information about how the principal's supervisory activities in order to improve the professional competence of teachers in Putra 1 Junior High School Jakarta. This research was conducted from September 2017 until January 2018 by using qualitative approach and descriptive method. Technique of collecting data of this research that has been used are field observation, interview, and documentation study. The phase of data analysis is done through stages of data classification, data reduction, data display, and data verification. Examination and checking the validity of data is done through stages of data credibility, transferability, dependability, and confirmability. The results of this study indicate that in the supervisory activities conducted by the principal of teachers to run well enough (where the principal performs his role as a supervisor in accordance with applicable laws and regulations) in order to improve the professional competence of teachers, namely, 1) mastery of the educational base, 2) mastery of teaching materials, 3) preparation of teaching programs, 4) implementation of teaching programs, and 5) assessment of outcomes and teaching learning processes that have good impact on teachers in improvement professional competence. Although found various obstacles during the activity supervision (starting from planning, implementation, evaluation, and follow-up) the principal as the supervisor
succeeds in handling it because of good cooperation with the teachers so that supervision can run well and produce something that is appropriate or even better than expected.
SS00016279 | SK 16279 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain