Text
Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di SMP Putra 1 Jakarta
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Putra 1 Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui informasi dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di SMP Putra 1 Jakarta berjalan cukup baik, sesuai hasil kajian dari sub fokus penelitian yaitu kemampuan guru untuk memahami karakteristik peserta didik, mengembangkan kemampuan guru untuk menyusun perencanaan pembelajaran, mengembangkan kemampuan guru untuk melaksanakan pembelajaran, dan mengembangkan kemampuan guru untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran. Peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru SMP Putra yaitu mengarahkan guru agar dapat memahami perkembangan kognitif, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik, mengembangkan kemampuan guru untuk menyusun perencanan pembelajaran yang mencakup RPP, silabus, dan bahan ajar, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan seperti workshop, memfasilitasi sumber RPP dan silabus, memberikan video metode pembelajaran kepada guru melalui whatsapp berupa link atau website dan mengarahkan guru untuk menerapkan pembelajaran yang aktif dengan memanfaatkan IT sebagai media belajar dan
sumber belajar, mengikutsertakan guru kegiatan pelatihan seperti MGMP dan bedah SKL dan kegiatan workshop, membuat essay dan rubrik yang benar, mengarahkan guru memanfaatkan hasil penilaian sebagai evaluasi perbaikan kualitas mengajar guru agar guru mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil belajar peserta didik.
This research was conducted at Putra 1 Jakarta Junior High School 1 Jakarta which aims to find out information and describe the role of principal in developing pedagogic competence. This research uses qualitative approach with descriptive method. Data were collected through interviews, observation and documentation studies. Phase data analysis is done through data reduction stage, data display and data verification. Checking and checking the validity of data is done through the stages of data credibility, transferability, dependability and conformability. The results of this study indicate that the role of the principal as a supervisor in developing pedagogic competence of teachers in SMP Putra 1 Jakarta runs quite well, according to the results of the study of sub focus of research that is the ability of teachers to understand the characteristics of learners, develop the ability of teachers to develop lesson planning, teachers to carry out learning, and develop teachers' ability to carry out learning evaluations. The role of the principal as a supervisor in developing pedagogic competence of teachers of SMP Putra 1 Jakarta is to direct the teacher to understand the cognitive development, potential, talents, interests and personality of learners, develop the ability of teachers to develop learning plans that include RPP, syllabus, and teaching materials, in training activities such as workshops, facilitating RPP sources and syllabus, providing video learning methods to teachers through whatsapp in the form of links or websites and directing teachers to apply active learning by utilizing IT as a medium of learning and learning resources, involving teacher training activities such as MGMP and surgery SKL and workshop activities, creating the correct essay and rubric, directing teachers to utilize the assessment result as evaluation of improving the quality of teaching teachers so that teachers are able to identify the level of variation of learning outcomes of learners
SS00016275 | SK 16275 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain