Text
Upaya meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media daur ulang kotak ajaib : penelitian tindakan kelas di RA Ar-Rahman, Kampung Rawa Bandung, Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media daur ulang kotak ajaib. Penelitian ini dilaksanakan di RA Ar-Rahmah pada bulan Januari 2018.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Siklus satu dengan 6 kali pertemuan dan siklus dua dengan 4 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di RA Ar-Rahmah yang memiliki masalah pada kecakapan pravokasional sebanyak 16 anak.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data peningkatan kecakapan pravokasional anak yaitu melalui teknik observasi yang berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara. Teknik analisis data menggunakan persentase mengikuti standar pencapaian sebesar 71% dan sesuai dengan kesepakatan antara peneliti dan kolaborator. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh persentase sebesar 37,77 % pada pra penelitian. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 59,09 %. Setelah diberikan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 84,31 %. Adapun peningkatan sebelum dan sesudah diberikan tindakan sebesar 46,54%. Berdasarkan hasil peningkatan persentase dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media daur ulang kotak ajaib dapat meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 56 tahun.
Implikasi hasil penelitian ini bahwa penggunaan media daur ulang kotak ajaib dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 5-6 tahun.
This research aims to improve prevocational skills of early childhood 5-6 years old by using recycle magic box media. Research was implemented in RA Ar-Rahmah on January 2018.
Researcher used classroom action research method through 2 cycluses. The first cyclus has done in 6 meetings and 4 meetings in second cyclus. It consist of four steps : planning, acting, observing, and reflecting. The subject of this research are 16 children in B1 group who had problems in their prevocational skills.
The observation sheet was choosen as collecting data technique to get data about implementaion of action research and the increasing of prevocational skills data collected by observation technique such as fields notes, documentary notes, and interview notes.
Researcher analyzed the data by following standar achievment amount 71% and it was suitable with agreement both researcher and collaborator. Based on data analysis result, we got the percentage amount 37,77% in preresearch. After they had given some behaviors in first cycle the percentage increased to 59,09%. And became higher up to 84,31% in the second cycle. The increasing before and after did the research was 46.54%.
Based on the result, we can state hat the hypothesis can be accepted as well. Because of that, the conclusion is the used of recycle magic box media can increase the prevocational skills in early childhood 5-6 years old.
The implication of this research is the using of recycle magic box can be used as an alternative learning to increase the prevocational skills of early childhood 5-6 years old.
SS00016273 | SK 16273 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain