Text
Perbandingan antara prestasi belajar siswa yang sesuai minat dan tidak sesuai minat pada program keahlian : studi komparatif siswa program keahlian akuntansi pada SMK Negeri 43 Jakarta Selatan
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan antara prestasi belajar siswa yang sesuai minat dan tidak sesuai minat pada program keahlian akuntansi di SMK Negeri 43 Jakarta. Penelitian menggunakan teknik quota sampling. Sampel penelitian sebanyak 83 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner RIASEC dari John Holland. Pengujian hipotesis menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang sesuai minat pada program keahlian akuntansi yaitu 42,2% dengan responden 35 siswa diantaranya terdapat 1 orang yang prestasi belajarnya tidak melampaui KKM 75. Sedangkan yang tidak sesuai minat pada program keahlian akuntansi yaitu 57,8% dengan responden 48 siswa diantaranya 5 siswa yang prestasi belajarnya tidak melampaui KKM 75. Berdasarkan hasil tersebut tidak terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar antara siswa yang sesuai minat dan tidak sesuai minat pada program keahlian akuntansi. Hal ini disebabkan sampel yang terlalu sedikit sehingga menjadi keterbatasan penelitian. Bagi guru BK perlu menyediakan program khusus untuk siswa yang belum sesuai minatnya agar aktif mengeksplor informasi diri dan karirnya.
Research purposes to know comparison between the achievement of student learning according interest and not according interest in accounting program at SMK Negeri Jakarta 43. The research of using the technique of quota sampling. Sample research as much as 83 students. Data collection using the questionnaire RIASEC of John Holland. Hypothesis testing using independent t-test. The results showed that students who fit an interest in accounting program that is 42.2% of respondents with 35 students of whom there are 1 of their learning achievements do not exceed 75 KKM. While that doesn't match an interest in accounting program that is 57.8% with respondents 48 students among them 5 students are learning achievements do not exceed 75 KKM. Based on these results, there is no significant difference in achievement between students learning the appropriate interest and inappropriate interest in accounting program. This is due to too few samples so that it becomes the research limitations. Teachers counselor need to provide special programs of guidance and counseling for students yet according to her interest so that active to explore information himself and his career.
SS00016256 | SK 16256 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain