Text
Pengembangan media lapbook tematik untuk sekolah dasar
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana proses pengembangan hingga menghasilkan sebuah prototipe produk sederhana yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran berupa media Lapbook. Lapbook pembelajaran dengan tema Pengalamanku. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minimnya keberadaan media belajar, terbatasnya pengetahuan guru akan media belajar, maka dari itu pengembang bertujuan menghasilkan media Lapbook untuk memberikan alternative sumber belajar di dalam kelas, serta untuk meningkatkan minat siswa dan memotivasi mereka untuk belajar. Dalam Penelitian pengembangan produk ini dibutuhkan prosedur yang tepat. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu mengikuti tahap Baker & Schutz yang berjumlah 7 tahapan.Media Lapbook ini melewati 3 tahap uji coba, diantaranya uji coba ahli, uji coba satu-satu, dan uji coba kelompok kecil. Tahap uji coba ahli dilakukan oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, kemudian tahap uji coba satu-satu dilakukan kepada 3 orang siswa, selanjutnya tahap uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 6 orang siswa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan uji coba ahli sebesar 3,4, rata-rata keseluruhan uji coba satu-satu sebesar 3,8, rata-rata keseluruhan uji coba kelompok kecil sebesar 3,8,. Berdasarkan ketiga hasil uji coba tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk media Lapbook termasuk dalam kategori Sangat Baik. Kata Kunci: Tematik, Pengembangan, Lapbook.
This development research aims to explain how the development process to produce a prototype of simple products that can be used in learning activities in the form of Lapbook media. Lapbook learning with the theme of my Experience. The background of this research is the lack of learning media presence, the limited knowledge of teachers on media learner, therefore developers aim to produce Lapbook media to provide alternative sources of learning in the classroom, as well as to increase student interest and motivate them to learn. In this product development research required proper procedures. The development procedure used is to follow the Baker & Schutz stage of 7 stages. Lapbook media passes through three stages of testing, including expert test, one-to-one testing, and small group trials. Expert test phase is done by 1 media expert and 1 material expert, then one-on-one testing stage is done to 3 students, then small group trial stage conducted by 6 students. Based on these experiments, the average overall value of the expert trials is 3.4, the average of all single trials is 3.8, the overall average of small group trials is 3.8 ,. Based on the three test results, it can be concluded that Lapbook media products included in the category of Very Good. Keywords: Thematic, Development, Lapbook.
SS00016255 | SK 16255 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain