Text
Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas SDN Leuwinutug 05 Citeureup Kabupaten Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli menggunakan media pembelajaran kelas v sdn leuwinutug 05 citeureup kab. Bogor .Pengambilan data dilakukan mulai minggu awal bulan Agustus 2017 sampai akhir bulan agustus 2017 di lapangan SDN Lewinutug 05. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah sampel 40 siswa dari 48 populasi.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara uji validitas. Berdasarkan data tes kegiatan aktivitas bermain dalam rangka pengujian instrumen tes dan diperoleh hasil R hitung 0,835 dan R tabel 0,361. Maka R hitung lebih besar dari R tabel, jadi bisa dikatakan instrumen dalam penelitian ini valid atau bisa digunakan. Menurut peneliti dan kolaborator, setelah melihat kemajuan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan melihat hasil tes siklus I dan siklus II, telah menemukan jawaban atas permasalahan peneliti bagaiman meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli meggunakan media pembelajaran. bahwa dengan media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dan peningkatan tersebut bersifat progresif di setiap siklusnya. Hal ini di dasarkan pada bukti prosentase belajar siswa. Artinya semakin banyak siswa dalam pengulangan pembelajaran materi maka semakin tinggi pula presentasi belajar, dan sebaliknya semakin kurang pengulangan siswa dalam mengikuti pembelajaran maka semakin rendah pula presentasi belajar yang di dapat.
This study aims to determine the effort to improve learning outcomes passing down the volley using learning media class v sdn leuwinutug 05 citeureup kab. Bogor. Data was collected from the beginning of August 2017 until the end of August 2017 at SDN Lewinutug 05 field. This study uses classroom action research methods (PTK) with a total sample of 40 students from 48 population. Sampling technique used by the test of validity. Based on the test data of activity play activities in order to test the test instrument and obtained the results of R arithmetic 0.835 and R table 0.361. Then R count is greater than R table, so it can be said the instrument in this research is valid or can be used. According to the researchers and collaborators, after seeing the progress of students in following the learning and seeing the results of the cycle I and cycle II tests, have found answers to the problems of researchers how to improve learning outcomes passing under volleyball using the media of learning. that with the learning media can improve the learning outcomes passing under the volleyball and the increase is progressive in each cycle. It is based on the proof of student learning percentage. This means that the more students in the repetition of learning materials the higher the presentation of learning, and conversely the less repetition of students in learning followed the lower the presentation of learning in the can.
SS00016476 | SK 16476 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain