Text
Meningkatkan kemampuan gerak dasar lari melalui modifikasi permainan siswa kelas II SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lari Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas II SDN Kayu Manis 01 Pagi MatramanJakarta Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas II SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman, Jakarta Timur yan berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes. Analisis data menggunakan Teknik Analisis Deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus daur yang meliputi perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagi berikut: bahwa kemampuan gerak dasar lari meningkat dari 15,71% pada kondisi awal menjadi 85,71% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 86,66% pada akhir siklus II. Simpulan penelitian ini adalah Melalui Modifikasi Permainan dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lari Pada Siswa Kelas II SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur.
Kata Kunci : Kemampuan Gerak Dasar Lari, Modifikasi Permainan
This Study Aims ToImprove The Ability OfBasic Motions RunThrough Modification Games of Grade 2th Students inSDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman, East Jakarta. This study uses Classroom Action Research (CAR). The experiment was conducted in two cycles, with each cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. Subjects were students of class II SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman, East Jakarta which has 35 students. Data sources are from teachers annd students. The data collection technique is through testing and non testing. Analysis of data using descriptive analysis technique by using percentages. Procedures studies using cycle stage cycle that includes planning, action, observation, and reflection. The results of this study can be summarized as follows that the ability ofe basic motion run increase of 15,71% on the initial conditions to be 85,71% at the end of the first cycle and increased to 86,66% at the end of the second cycle. The conclusions of this study is to use a Modified Modification Games can improve the Ability of Basic Motion Run of Grade 2th Students Games in SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman, East Jakarta.
Keywords: AbilityBasic Motion Run, Modify Games
SS00016287 | SK 16287 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain