Text
Afikasi pada karangan anak di SDN Jatiwaringin 1 : suatu kajian berdasarkan pemerolehan bahasa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai afikasi yang terdapat pada karangan anak di SDN Jatiwaringin 1, Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Masalah pada penelitian ini terdapat pada afiksasi yang terdapat pada karangan anak di SDN Jatiwaringin 1. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci, sedangkan instrumen pendukung dibantu oleh tabel analisis kerja. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada Oktober 2017 s.d. Januari 2018. Objek pada penelitian ini adalah 30 karangan anak kelas 5 di SDN Jatiwaringin 1. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 30 karangan anak yang diteliti, ditemukan 17 bentuk afiks yang terdapat pada proses prefiksasi, sufiksasi, konfiksasi, dan klofiksasi. Proses infiksasi tidak ditemukan pada data. 17 bentuk afiks tersebut membentuk tiga ketegori kelas kata, yaitu verba, nomina, dan ajektiva. Pembentukan kata dengan afiksasi ditemukan pada bentuk dasar berupa kata dasar, reduplikasi, kompositum dan kosakata asing. Afiksasi yang dikaji berdasarkan pemerolehan bahasa menunjukkan bahwa berdasarkan usia kronologisnya, bentuk afiksasi yang terdapat pada karangan anak kelas 5 SD di SDN Jatiwaringin 1 telah melampaui usia kronologis pemerolehan bahasa anak 5 tahun. Sementara itu, dilihat dari satuan pembentuk morfem yang dikaji melalui PUR, pemerolehan bahasa anak kelas 5 di SDN Jatiwarigin 1 telah berada pada tahap 5 dari lima tahapan pemerolehan bahasa pertama.
This study aims to find out in depth about the affixation contained on children’s essay in SDN Jatiwaringin 1, Kota Bekasi. The method used in this research is descriptive qualitative method with content analysis technique. The problem of this research is found in the affixation contained on children’s essay in SDN Jatiwaringin 1. In this study, the researcher acted as a key instrument, while supporting instruments are assisted by the work analysis table. The implementation of this research was conducted in October 2017 s.d. January 2018. The object of this research is 30 essay of 5th grade in SDN Jatiwaringin 1. The results of this study showed that 30 essay of the children’s studied found 17 affixes found in prefixation, suffixation, confixation, and clofixation. The infixation process is not found. These affixes form three categories of words, verbs, nouns, and adjectives. The formation of words with affixation is found in the basic form of basic words, reduplications, composites and foreign vocabulary. Affixations studied by language acquisition indicate that based on their chronological age, the affixed form found in the fifth grade elementary school at SDN Jatiwaringin 1 has exceeded the chronological age of the acquisition of a 5year-old child language. Meanwhile, as seen from the morpheme-forming units studied through PUR, the acquisition of the language of 5th grade students at SDN Jatiwarigin 1 has been at the 5th stage of the five stages of first language acquisition.
SS00016325 | SK 16325 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain