Text
Analisis teknik permainan biola karya Caprice Op.1 no.24 Niccolo Paganini untuk solo violin
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik permainan biola pada karya Caprice Op.1 no.24 Niccolo Paganini untuk solo violin. Objek penelitian difokuskan pada teknik permainan karya Caprice Op.1 no.24 Niccolo Paganini.
Metode penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kualitatif dan berjenis deskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis). Data yang diperoleh dengan cara studi dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan (verifikasi). Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Penelitian dilakukan pada awal bulan November sampai awal bulan Januari tahun 2018. Hasil penelitian ini adalah penguasaan teknik permainan biola yang digunakan pada karya Caprice Op.1 no.24 ini sangat berpengaruh pada posisi sikap, posisi penjarian, fleksibelitas penjarian, dan pergerakan bowing. Untuk mencapai kualitas suara yang baik dengan berbagai macam teknik biola yang dipadukan dalam satu karya dan dimainkan dengan tempo yang cepat, sangat dibutuhkan latihan yang yang rutin dan maksimal. Dapat dilihat dari permainan Alexander Markov, beliau sangat baik dalam memainkan karya ini, intonasi yang tetap terjaga walaupun dimainkan dengan ritmik permainan yang padat dan dengan tempo yang cepat. Teknik permainan biola pada karya ini meliputi Staccato, Arpeggio, Legato, Double Stops, Triple Stops, Quadruple Stops, Harmonic effect, Pizzicato with left hand Dari hasil penelitian ini, peneliti berharap bahwa seorang pemain biola mempunyai pengetahuan tentang teknik permainan biola, hal ini dimaksudkan agar memudahkan mencari bahan pembelajaran yang sesuai dengan karya yang mereka mainkan. Peneliti juga berharap mata kuliah Bentuk dan Analisa di program studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta ditambah beberapa semester, agar bisa mencakup lebih luas lagi tentang ilmu bentuk dan analisis musik. Kata Kunci : Teknik Permainan Biola, Caprice Op.1 no.24, Niccolo Paganini, Pizzicato with left hand.
The purpose of this research is to find out the technique of violin’s play in Caprice Op.1 no.24 Niccolo Paganini for solo violin. The object of this research emphasizing on the Caprice Op.1 no.24 Niccolo Paganini technique of play. This research uses qualitative method and descriptive type with content analysis technique. The obtained data by using documentation study, interview, and literature review. The data analysis technique used are data reduction, data presentation, and verification. Moreover the test of the data validity is using triangulation. This research start from the beginning of November until early January 2018. The result of this research shows that the mastery of the violin’s playing technique that is used in Caprice Op.1 no.24, strongly affecting the gesture position, fingering position, fingering flexibility, and bowing movement. In order to reach a good tone quality with a various violin’s technique that are combined in one composition and played with a fast tempo, it is really required regular and maximum exercise. It can be seen in Alexander Markov’s play, he is very good at playing this composition, stable intonation even though it was played with a solid rhythmic and with fast tempo. The violin’s playing technique in this composition involving Staccato, Arpeggio, Legato, Double Stops, Triple Stops, Quadruple Stops, Harmonic effect, Pizzicato with left hand. Based on results of this research, the researcher hopes that a violin’s player has a knowledge about violin’s playing technique, it is intended to make it easier to find learning materials which are matched to the composition they play. The researcher also hope this Form and Analysis subject in Music Study State University of Jakarta can be added in several semesters, so it can be covering the study of music form and analysis wider. Keywords : Violin’s Playing Technique, Caprice Op.1 no.24, Niccolo Paganini, Pizzicato with left hand.
SS00016320 | SK 16320 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain