Text
Grammatical overgeneralization analysis in student's writing texts : a case study of grade nine students of SMP Citra Indonesia
Tata bahasa mempunyai posisi penting dalam bahasa Inggris karena orang – orang akan mudah mengerti bahasa yang digunakan melalui penggunaan tata bahasanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap kesalahan – kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh para pelajar kelas IX di SMP Citra Indonesia, Bintaro sektor V melalui beberapa teks tulis mereka dan juga untuk mengungkap penyebab dari kesalahan – kesalahan tata bahasa ini. Metode penelitian ini adalah sebuah study kasus dengan memberikan penggambaran secara kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil secara kualitatif dari beberapa teks tulis dan juga interview. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah para pelajar kelas IX mempunyai tiga macam kesalahan tat bahasa yaitu; kesalahan tensis, kesalahan penanda kalimat, dan kesalahan yang menunjukan kata benda jamak. Kesalahfahaman dalam berbahasa dan kesalahfahaman lintas bahasa menjadi sumber para pelajar kelas IX melakukan kesalahan – kesalahan dalam tata bahasa. Selebihnya, penelitian ini juga mengklaim bahwa guru mempunyai peranan penting dalam menemukan metode terbaik dalam menyampaikan materi – materi tata bahasa dalam proses belajar mengajar untuk meminimalkan kesalahan – kesalahan.
Grammar has important position in English language because people will easily understand within the language used through the grammar use. This study is to unpack grammatical overgeneralization made by grade nine students of SMP Citra Indonesia, Bintaro sector V through their writing texts and also to reveal the cause these grammar overgeneralization. The method of the research is descriptive qualitative research about grammatical overgeneralization that made by grade nine students of SMP Citra Indonesia in academic year 2017 – 2018 and the causes related to these overgeneralizations. The data of the research are students‟ writing texts and interview among them related to grammatical overgeneralization which taken qualitatively. The result found that the students have three categories of grammar overgeneralization namely; tense grammar overgeneralization, auxiliary grammar overgeneralization and plural grammar overgeneralization. Interlingual interference and Intralingual interference become the source of grade nine students grammar overgeneralizations. Furthermore, this study also claimed that teachers have important role to find the best method teaching in delivering grammar materials in the process of teaching and learning to minimize these overgeneralization
SS00016319 | SK 16319 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain